Ganjar Pranowo “Lamar” Mahasiswa Saat Kuliah Umum di UNPAR

JABAR EKSPRES – Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo melamar sejumlah mahasiswa, di Bandung, Rabu (11/10). Lamaran itu sebagai ajakan para kaum muda untuk berpartisipasi dalam politik.

Hal itu diungkapkan Bacapres yang diusung PDIP itu saat mengisi Kuliah Umum di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung. “Istilahnya melamar mahasiswa untuk join. Berpartisipasi dalam politik,” jelasnya.

BACA JUGA: Resmi! Gerindra Jabar Usulkan Gibran Rakabuming Jadi Cawapres Prabowo, Ketua DPD Beberkan Alasannya

Ganjar menguraikan, lamaran itu disampaikan agar para generasi muda khususnya mahasiswa bisa ikut merasakan secara langsung dinamika politik tanah air. “Untuk ikut mencoba merasakan betapa beratnya sistem meritokrasi yang ada,” sambungnya dalam kuliah umum bertema peran pemuda dalam masa depan politik Indonesia itu.

Ganjar melanjutkan, ada dua cara peran pemuda dalam percaturan politik Indonesia. Yakni mengambil bagian dalam sistem politik dan berada di luar sistem.

Di dalam sistem, anak muda bisa bergabung dalam partai politik kemudian berjuang dalam lingkup eksekutif ataupun legislatif di tanah air. Sementara di luar sistem bisa bergabung atau membentuk kelompok tertentu untuk menyuarakan aspirasi dan mengawal pemerintahan. Termasuk bersuara melalui berbagai kanal yang telah disiapkan pemerintah.

BACA JUGA: Santri Ponpes Suryalaya Nostalgia Masa Kecil Ketemu Ganjar Pranowo

Dalam kesempatan itu, Ganjar Pranowo juga menceritakan sejumlah kisah tokoh-tokoh politik tanah air hingga internasional. Seperti Jendral Gatot Soebroto, Presiden China Xi Jinping, Presiden AS Obama, termasuk kisah hidupnya dalam percaturan politik tanah air. “Diskusi kali ini hangat, menarik, lebih hidup. Para mahasiswa nampak antusias. Jadi kami juga ikut bersemangat,” tuturnya.

Sementara itu Rektor UNPAR, Prof. Tri Basuki Joewono menambahkan, sebagai perguruan tinggi UNPAR berkewajiban menyiapkan generasi muda agar siap untuk dunia yang akan datang. Termasuk di dalamnya terlibat aktif dalam politik. Oleh karena itu UNPAR sengaja mengundang ketiga Bacalon Presiden untuk hadir ke kampus. “Hari ini yang konfirmasi hadir Pak Ganjar. Sementara yang lainnya masih dalam proses konfirmasi,” jelasnya. (son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan