DPRD Bekali Siswa SMPN 12 Kota Bogor tentang Pendidikan Pancasila

JABAR EKSPRES – Anggota DPRD Kota Bogor yang juga sekretaris Komisi I, Anna Mariam Fadhilah berkesempatan menyampaikan terkait Pendidikan Pancasila kepada siswa-siswi kelas 7 SMPN 12 Kota Bogor.

Dalam kegiatan yang merupakan program kerja dari SMPN 12 Kota Bogor berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) itu, Anna mengangkat materi tentang demokrasi dan kepimimpinan.

BACA JUGA: DPRD Kota Bogor Kembali Kaji Pembetukan Raperda Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi

Menurutnya, dua unsur itu merupakan hal penting yang harus dipupuk dan ditekankan sejak dini oleh para pelajar.

“Dalam menjalankan demokrasi yang berlandaskan Pancasila, setiap sila memiliki nilai demokrasi yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari,” ungkapnya dikutip Rabu, 11 Oktober 2023.

Dari pembelajaran demokrasi sejak dini, Anna berharap kedepannya SMPN 12 Kota Bogor bisa melahirkan pemimpin yang baik untuk masa depan, karena pemimpin tidak hanya dilahirkan tetapi harus dibentuk dengan karakter yang baik dengan nilai luhur Pancasila.

“Demokrasi merupakan sistem yang membuat rakyat memiliki peran penting untuk dapat langsung memilih dan menentukan pemimpinnya. Proses demokrasi juga bisa diterapkan di kehidupan pelajar contohnya ketika memilih ketua kelas atau ketua osis,” paparnya.

Disamping itu, sambung Anna, dalam waktu dekat ini pesta demokrasi lima tahunan akan digelar di Indonesia, dimana pemimpin negara dan wakil rakyat akan dipilih secara langsung.

Dengan begitu, dirinya juga mendorong para siswa-siswi SMPN 12 Kota Bogor agar bisa belajar bagaimana demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Selain itu, dirinya berpesan agar para pelajar jangan pernah takut untuk memiliki cita-cita yang tinggi dengan harapan kelak akan ada yang menjadi pemimpin di negeri ini.

“Jangan biarkan keterbatasan menghalangi, jangan mudah menyerah. Selama ada kemauan yang kuat dan usaha yang gigih insyaAllah ada jalan,” tuturnya.

BACA JUGA: Geruduk Gedung Rektorat, Ratusan Mahasiswa UIKA Bogor Minta Kasus Pelecehan Diusut Tuntas

Pelaksanaan P5 yang digelar oleh pihak sekolah SMPN 12 Kota Bogor pun mendapatkan apresiasi dari Anna. Sebab, menurut Anna sejalan dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (PPWK) yang baru disahkan oleh DPRD Kota Bogor bulan lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan