Cara Menyembuhkan Lidah Terbakar, Bisa Pakai 6 Bahan Ini!

JABAR EKSPRES- Lidah terbakar atau melepuh adalah masalah umum yang dapat menimpa siapa pun. Meskipun umum, pengalaman ini bisa sangat tidak nyaman dan menyakitkan.

Ini bisa mengganggu kemampuan berbicara dan juga menyebabkan kesulitan saat makan dan minum.

Berita baiknya adalah, ada beberapa pengobatan alami yang dapat digunakan di rumah untuk mengatasi lidah terbakar.

Dengan ini, Anda dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah 6 pengobatan rumahan untuk lidah terbakar akibat makanan dan minuman panas:

 

Minum Air Dingin

Saat lidah melepuh, langkah pertama yang perlu diambil adalah mendinginkannya dengan air es atau es batu. Air dingin akan membantu meredakan sensasi terbakar dan memberikan rasa lega.

 

Konsumsi Yogurt atau Produk Susu Lainnya

Produk susu seperti yogurt atau susu dapat membantu mendinginkan lidah dan meredakan sensasi terbakar. Mengonsumsi produk susu setelah makan atau minum sesuatu yang panas bisa sangat efektif.

 

Oleskan Madu

Madu mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan mencegah peradangan. Anda dapat mengoleskan madu pada area yang terbakar dan bilas setelah beberapa menit. Lakukan ini beberapa kali sehari.

 

Gunakan Gula

Gula adalah obat alami lain yang efektif untuk mengatasi lidah melepuh. Gula tidak hanya mengurangi rasa sakit dan peradangan, tetapi juga membantu Anda untuk dapat makan dan minum lebih nyaman. Cukup taburkan gula pada lidah yang terbakar dan biarkan larut sebelum menelan atau berkumur.

 

Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai pengobatan alami untuk berbagai jenis luka bakar, termasuk lidah terbakar. Gel lidah buaya membantu meredakan peradangan, mengurangi rasa sakit, dan mencegah kerusakan jaringan. Oleskan gel lidah buaya mentah pada lidah yang terbakar dan bilas dengan air setelah beberapa menit. Lakukan ini dua kali sehari untuk penyembuhan yang lebih cepat.

 

Gunakan Kunyit

Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang sangat efektif untuk mengatasi luka bakar dan cedera. Anda dapat membuat pasta kunyit dengan mencampur kunyit, susu, dan madu, lalu oleskan pada area yang terbakar dan bilas mulut Anda setelah beberapa menit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan