Minta Turunnya Hujan, Pemkot Bandung Gelar Salat Istisqa 

JABAR EKSPRES  – Salat Istisqa berjamaah digelar jajaran pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan mengundang warga masyarakat pada Senin (9/10) siang, di Plaza Balai Kota Bandung.

Pantauan Jabarekspres, seluruh jajaran pegawai di lingkungan Pemkot Bandung saat ini telah melangsungkan Salat Istisqa. Salat ini dilakukan tepat pada pukul 10.30 WIB.

Salat yang dilaksanakan untuk meminta turunnya hujan tersebut, dipimpin oleh KH. Sirojul Munir selaku Imam. Adapun yang menjadi khatib ialah Prof. Dr. KH. Miftah Faridl.

Diketahui, berdasarkan laman Kemenag RI, sesuai dengan namanya, Al-istisqa ialah meminta curahan air penghidupan (thalab al-saqaya). Dikerjakan sebanyak dua rakaat seperti salat Idul Id.

Para ulama Fiqh mendefinisikan salat Istisqa sebagai salat Sunnah muakkadah yang dikerjakan untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan air hujan. Salat istisqa’ telah dipraktikkan di zaman Rasulullah SAW.

Adapun waktu pelaksanaan salat istisqa adalah di siang hari. Dalam hadits ini Rasulullah Saw mengerjakan salat istisqa’ setelah matahari muncul di atas permukaan bumi, seperti waktu dimulainya salat Idul Fitri atau idul Adha.

Sementara itu, para ulama berpendapat salat istisqa dapat dikerjakan hingga sore hari, asalkan tidak pada waktu diharamkan mengerjakan salat, yaitu pas matahari di atas kepala dan pas terbenam matahari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan