Kebakaran Lahan Diduga Akibat Pembakaran Sampah Terjadi di Cimahi Selatan

JABAR EKSPRES – Kebakaran lahan kebun pisang yang diduga akibat pembakaran sampah tanpa pengawasan terjadi di Jalan Saptadaya RT 04/RW 09, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan pada Senin, 9 Oktober 2023.

Tim pemadam kebakaran menerima laporan dari warga terkait adanya kebakaran lahan pada pukul 12.23 WIB dan tiba di lokasi pada pukul 12.30 WIB.

Menurut Danru Regu 2 Damkar Kota Cimahi, Yadi Mulyadi mengatakan saat tim sampai di lokasi kejadian, api sudah merembet ke perkebunan pisang milik warga. Lalu, tim segera melakukan pembatasan api agar tidak merembet ke pabrik dan perumahan yang ada di sekitar lokasi kejadian.

BACA JUGA: Akibat Korsleting 1 Unit Mobil di Ciwidey Terbakar, 3 Kios Ikut Hangus

Diduga, kebakaran terjadi akibat pembakaran sampah di belakang kebun, lalu api merembet pada alang-alang.

“Saat kami tiba memang api sudah menjalar. Menurut laporan warga, sepertinya diduga akibat pembakaran sampah. Api merembet ke perkebunan pisang lalu merembet ke alang-alang,” ucapnya saat ditemui Jabar Ekspres, Senin, 9 Oktober 2023.

Tim Damkar Cimahi menurunkan dua unit mobil pemadam dan anggota sebanyak delapan orang. Perkebunan tersebut seluas 3 hektar dan luas yang terbakar sebesar 1 hektar berhasil dipadamkan.

“Untuk kapasitas air dari dua unit sebanyak 7.500 liter. Untuk ketersediaan air, kami sudah siaga dari mako dan juga kita biasa ngambil dari PT Enggal,” terangnya.

Yadi pun menjelaskan, kemungkinan kebakaran tersebut diduga terjadi akibat pembakaran sampah yang tidak diawasi. Sehingga api merambat pada alang-alang dan pohon disekitarnya.

“Kemungkinan karena banyak penumpukan sampah, jadi warga untuk menghindari bau jadi dibakar. Hanya saja tidak diperhatikan pasca bakarnya,” terangnya.

BACA JUGA: Meski Gagal Panen, Stok Beras Kota Banjar dan Ciamis Limpah Ruah!

Yadi mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sampah. Terutama dalam musim kemarau ini, pembakaran sampah atau lahan dapat memicu api yang lebih besar.

“Pembakaran sampah sebaiknya dihindari. Kalaupun mau, harus dikondisikan. Sekarang cuaca panas dan angin kencang, jadi perambatan api cepat sekali,” ulasnya.

Dalam kejadian ini tidak ada korban atau pun luka-luka, namun kerugian yang terjadi yakni sebanyak 10.000 meter lahan kebun pisang terbakar. (Firman)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan