Cara Cek Bansos 2023 bagi Penyandang Disabilitas di cekbansos.kemensos.go.id

JABAR EKSPRES – Simak cara cek bansos 2023 bagi penyandang disabilitas yang cair bulan Oktober melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Cara cek bansos 2023 untuk penyandang disabilitas yang akan cair lagi di bulan Oktober kepada Keluarga Penerima Manfaat yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan bansos untuk penyandang disabilitas.

Kemensos akan menyalurkan bansos makanan senilai Rp30.000 untuk dua kali makan sehari kepada penyandang disabilitas dan rentan disabilitas untuk periode Juli hingga Desember 2023.

BACA JUGA: Kartu Prakerja Gelombang 62 Dibuka 6 Oktober? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Pembagian makanan tersebut berlangsung sejak tahun 2022 dan tahun 2023 ini ditargetkan ada 33.774 penyandang disabilitas dan rentan disabilitas yang menerimanya.

“Pembagian permakanan untuk periode Juli sampai Desember 2023 sebesar Rp186 miliar,” ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Risnandar.

Lebih lanjut, Risnandar menyampaikan bahwa bantuan permakanan merupakan wujud pemenuhan kebutuhan dasar bagi penyandang disabilitas di Indonesia.

Bantaun permakanan bagi disabilitas ini didasari atas rasa prihatin Menteri Sosial Tri Rismaharini pada disabilitas di mana masih banyak yang berada dalam kondisi rentan, terlantar dan hidup miskin.

Mereka juga masih mengalami diskriminasi dan banyak hal lain, sehingga mereka kesulitan mendapatkan hak dasar seperti makanan.

BACA JUGA: Kartu Prakerja Gelombang 62 Dibuka Hari ini? Ini Link Pendaftarannya

Penyandang disabilitas dan rentan disabilitas yang telah terdaftar di DTKS Kemensos 2023, dan tidak menerima bansos PKH atau sembako, serta penyandang disabilitas yang tinggal sendirian adalah sasaran program ini.

Faktor pemenuhan gizi harus diperhatikan. Oleh karena itulah satu paket makanan dibuat dengan komposisi nasi atau karbohidrat lain, sayuran, lauk pauk, buah potong dan air mineral.

Selain bisa memenuhi kebutuhan dasar penyandang disabilitas, kerja sama dengan kelompok masyarakat diharapkan dapat meningkatkan solidaritas dan kesetiakawanan sosial di lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA: Bansos PKH Tahap 4 Cair Bulan Oktober Ternyata Disalurkan Tanggal Segini

Berikut ini cara cek bansos 2023 bagi penyandang disabilitas bulan Oktober melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan