Apakah Konsumsi Telur Efektif untuk Diet? Ini Jawabannya!

JABAR EKSPRES- Mengonsumsi telur untuk diet mengurangi berat badan bukanlah konsep baru. Para ahli gizi, dokter, dan ahli makanan telah membahas manfaat telur ini dalam waktu yang lama.

Telur mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat, serta berbagai vitamin dan mineral. Asam amino dalam telur memiliki nilai biologis tinggi yang sangat baik untuk pembentukan otot dan perbaikan jaringan tubuh.

Meskipun telur kaya akan nutrisi, apakah makan telur dapat membantu menurunkan berat badan? Dalam artikel ini, kita akan membahas hubungan antara telur dan penurunan berat badan dalam diet.

Makan Telur di Malam Hari untuk Menurunkan Berat Badan: Efektifkah?

Penurunan berat badan dipengaruhi oleh banyak faktor, dan protein dapat memainkan peran penting dalam proses penurunan lemak. Protein dapat mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk ngemil berlebihan, sehingga membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Menggunakan telur sebagai sumber protein dalam diet Anda juga dapat memberikan manfaat yang sama. Namun, apakah Anda mengonsumsi telur pada malam hari atau siang hari, efeknya akan serupa. Anda dapat mengonsumsinya kapan saja yang Anda inginkan.

Selain itu, makan makanan tinggi protein, termasuk telur, dapat meningkatkan laju metabolisme dan pengeluaran energi. Kandungan karbohidrat yang rendah dalam telur menjadikannya pilihan yang baik untuk membakar lemak, terutama dalam konteks diet ketogenik.

Menurut Departemen Pertanian AS, dalam setiap 100 gram telur terdapat:

Kalori: 155 kkal
Protein: 12,6 gram
Karbohidrat: 1,12 gram
Lemak: 10,6 gram
Kolin: 294 mg
Vitamin D: 87 IU
Kolesterol: 373 mg
Telur juga mengandung vitamin D dan kolesterol baik yang sangat penting bagi tubuh, karena keduanya berperan sebagai prekursor berbagai hormon termasuk vitamin D, kortisol, testosteron, dan estrogen.

Baca juga: Telur Omega 3 Viral di TikTok, Ternyata Ini Perbedaannya dengan Telur Biasa!

Baca juga: Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang, Banyak yang Belum Tahu!

Telur dapat digunakan dalam berbagai camilan rendah karbohidrat yang sesuai dengan pola makan keto. Menggunakan telur sebagai bagian dari upaya penurunan berat badan dapat efektif karena telur tidak mengandung karbohidrat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan