Pemkot Bandung Terus Libatkan Masyarakat dalam Menyelesaikan Persoalan Sampah

JABAR EKSPRES – Dalam kunjungannya ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Ciwastra. Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono lakukan komunikasi dengan masyarakat sekitar guna bersinergi menyelasaikan permasalahan sampah yang kini masih terjadi.

Dalam dialog tersebut, pihaknya mengajak agar masyarakat ikut terlibat dalam menyelasaikan masa kedaruratan sampah yang hingga kini masih berlaku di Kota Bandung.

“Saya berdialog dengan masyarakat dan para pedagang di sekitar TPS Ciwastra. Intinya, ayo kita bersama-sama tangani darurat sampah,” ujar Bambang, Minggu (8/10).

BACA JUGA: Operasional TPA Sarimukti Diprediksi Terhenti Januari 2024, Kota Bandung Jadi Wilayah Paling Terdampak

Berbarengan dengan hal tersebut, pihaknya bakal segera mengupayakan penyelesaian terkait timbulan sampah yang masih terjadi di TPS Ciwastra.

Selain itu, Bambang mengungkapkan, kedepan hanya sampah residu yang bisa dibuang ke TPS tersebut.

“Kami upayakan agar segera dibuang. Juga nantinya sampah yang bisa dibuang ke TPS adalah sampah residu,” terangnya.

Dalam pengoptimalan TPS 3R, Bambang meminta agar hal tersebut bisa langsung diterapkan di TPS Ciwastra. Selain itu, pihaknya pun meminta agar Perumda Pasar bisa memaksimalkan mesin insinerator yang ada di tempat tersebut.

BACA JUGA: Sampah Pasar Disorot, Sekda Kota Bandung Janjikan 3 Hari Selesai

Namun dengan catatan, Perumda Pasar harus meminimalisir potensi polutan yang dihasilkan oleh mesin insinerator tersebut. Agar nantinya zat yang dihasilkan oleh pembakaran sampah tersebur tidak berbahaya bagi masyarakat.

Dalam hal ini dirinya optimis, penangan sampah di Kota Bandung bisa berjalan maksimal apabila banyak pihak yang ikut terlibat dalam proses penanggulangan.

“Saya meminta semua komponen masyarakat saling menjaga. Saya optimis persoalan darurat sampah ini bisa diatasi, asal kuncinya kita harus kolaborasi. Harus bareng-bareng,” pungkasnya. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan