Lantunan Selawat Santri Ponpes Al-Jauhariyah Menggema Kala Menyambut Kedatangan Ganjar Pranowo

CIREBON – Lantunan Selawat para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Jauhariyah Balerante, Palimanan, Kabupaten Cirebon menggema kala menyambut kedatangan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo, Minggu 8 Oktober 2023.

Para santri pun juga berebut untuk mencium tangan Ganjar Pranowo ataupun mengajak berfoto. “Pak Ganjar, Bapak Ganjar,” teriak para Santri.

Lalu Ganjar diajak berjalan menuju ke sebuah ruangan untuk menemui dan berdikusi dengan para pengasuh Al-Jauhariyah Balerante. Setelahnya dia kemudian diberikan sorban berwarna merah oleh Pimpinan Ponpes Al-Jauhariyah Balerante, Muhammad Faqih.

Ganjar Pranowo yang mendapatkan sorban merah pun melontarkan senyum kepada Pimpinan Ponpes Al-Jauhariyah Balerante. Setelah itu, Ganjar pun melaksanakan salat zuhur bersama dengan pengurus Ponpes Al-Jauhariyah Balerante.

Ditemui usai acara, Ganjar menyampaikan bahwa banyak hal yang dibicarakan dalam silahturahmi kali ini. Seperti bagaimana cara mengembangkan pondok pesantren baik dari santri beserta fasilitasnya.

“Bertemu dengan para santri dengan para Kiai tadi kita bicara banyak hal tentu bagaimana mengembangkan pesantren, ada soal sekolah, soal fasilitas termasuk tadi bagaimana kita berdikusi soal meningkatkan para santri,” kata Ganjar.

Ditekankan Ganjar, jika berbicara mengenai ilmu agama pastinya para santri Ponpes Al-Jauhariyah sudah menguasainya. Akan tetapi, untuk dari segi keterampilan bisa dibilang para santri masih membutuhkan hal ini karena fasilitas di Ponpes belum merata.

“Kalo Ilmu agama sudah selesai, nah sekarang butuh keterampilan, dan itu butuh fasilitas dari pendidikan dan maka kalo  kemudian ini bisa dikembangkan secara bersama-sama, maka para santri ini Insyallah ilmu agamanya mampu, tapi keterampilan hidupnya ada,” ucap Ganjar.

“Nanti kalo kerja di masyarakat mereka menjadi orang-orang yang mandiri. Dan ini adalah kawasan yang cukup bersejarah, karena sudah sangat tua (tahun) 1.700an berdirinya tentu punya banyak pengalaman yang bagus,” imbuh Ganjar.

Lebih jauh, Ganjar menyatakan para santri yang ada di Ponpes membutuhkan pembinaan agar dapat mengasah kemampuannya. Ia berharap hal ini bisa menjadi sebuah perhatian bagi semua pihak. “Tapi sekali lagi butuh banyak pembinaan dari pemerintah,” ucap dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan