World Habitat Day, Pegadaian dan Warga Cirebon Tanam 10.000 Pohon Mangrove, Benteng Alami dari Erosi

JABAR EKSPRES, CIREBON– Sebanyak 10.000 pohon mangrove ditanam di area pantai di Desa Pangarengan, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat 6 Oktober 2023.

Penanaman pohon ini dalam rangka World Habitat Day yang biasa diperingati setiap tanggal 3 Oktober. PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat dengan sejumlah pihak memotori acara ini untuk melestarikan hutan mangrove di area lautan Cirebon.

Keberlangsungan hutan mangrove perlu dijaga karena menjadi benteng alami untuk melindungi pesisir dari erosi dan serangan gelombang besar. Akar-akar mangrove yang kuat akan menjaga tanah di sekitar garis pantai.

Baca juga: Besok! Layang-layang Raksasa Berkarakter Skala Internasional Diterbangkan di Desa Mundu Pesisir Cirebon

Selain itu, hutan mangrove juga menjadi tempat hidup dan sumber makanan bagi sejumlah jenis satwa.

Pemimpin PT Pegadaian Wilayah X Jawa Barat, Muh Ariyadi Purwanto mengatakan, penanaman pohon mangrove di area pantai di Cirebon adalah kosistensi Pegadaian dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

“Salah satunya mendukung dalam kegiatan pelestarian hutan mangrove, mengingat betapa pentingnya mangrove bagi kelestarian dan lingkungan di sekitar pantai,” ujarnya.

Sejumlah pihak terlibat aktif di acara penanaman pohon mangrove ini di antaranya Dinas Kehutanan, Lanal Cirebon, Dinas Lingkungan Hidup, Organisasi lingkungan HPAI, dan warga Desa Pangarengan.

Hadir tokoh-tokoh penting, di antaranya Dodit Ardian Pancapana, ST., M.Sc (Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat), Ahmad Subagja, S.Hut (Kepala Cabang Dinas Kehutanan wilayah VIII cirebon), Mayor Marinir Jayusman, S.H. (Palaksa/Wadan Lanal Cirebon), Fifi Erneti, S.Sos.(Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan), Yuniati Effendi, M.Pd (Ketua DWP HPAI), Casardi (Kepala Desa Pangarengan), dan Muh Ariyadi Purwanto (Pemimpin Pegadaian Wilayah X Jawa Barat).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Pegadaian Kanwil X Jawa Barat yang sudah mensupport dan menginisiasi kegiatan penanaman 10.000 pohon mangrove di wilayah Pantai Kabupaten Cirebon dalam kegiatan Habitat World Day.

Kegiatan ini terlihat sangat meriah, karena melibatkan pegawai PT Pegadaian Area Cirebon, pegawai Dinas Kehutanan, prajurit AL Lanal Cirebon, pegawai Dinas Lingkungan Hidup, warga Desa Pangarengan, dan perwakilan pelajar di Kabupaten Cirebon.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan