LPKMA dan Lapas Sumedang Berdayakan Warga Binaan Produksi Gerobak Dagang

JABAR EKSPRES – Lembaga Pendidikan Komputer & Manajemen Aktual atau LPKMA bersinergi dengan Lapas Kelas II Kabupaten Sumedang, guna pemberdayaan warga binaan lapas dalam memproduksi gerobak dagang, Sabtu, 7 Oktober 2023, melalui program PKW dari Kemendikbud.

Pimpinan LKP LPKMA Sumedang Eti Rusmiati menerangkan, bahwa pihaknya saat ini telah dipercaya sebagai penyelenggara pelatihan bagi siapa saja yang mendaftarkan diri ke LPKMA.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan kepercayaan untuk kesekian kalinya melaksanakan program PKW dari Kemendikbud, berdasarkan RAB di sana terdapat pembuatan booth atau gerobak untuk berwirausaha,” ujarnya kepada JabarEkspres.com di Lapas II Kabupaten Sumedang, Sabtu, 7 Oktober 2023, sore hari.

Ia menuturkan, bahwa berdasarkan hal tersebut pihak LPKMA tengah memulai kerjasama dengan lapas dengan salah satu tujuanya untuk membantu pihak lapas dalam pemberdayaan warga binaanya.

BACA JUGA: Upaya Bentuk Karakter Religius, Masjid Cahyati Sumedang Adakan Kegiatan Berbagi

“Kami juga ingin membantu warga binaan lapas, agar mereka di lapas tidak hanya diam. Tapi juga kreatif dan produktif. Tentu hal ini akan sedikitnya menjadi bekal bagi warga binaan setelah selesai menjalani masa hukuman,” terangnya.

Berkaitan dengan program PKW, Eti mengatakan bahwa saat ini ia telah menerima sekitar 30 unit gerobak siap pakai hasil kerja warga binaan dan sedang dalam tahap pengerjaan sebanyak 40 unit gerobak.

“Selama setahun ini, kami telah memesan sebanyak 30 dan sekarang sedang digarap lagi sebanyak 40 unit gerobak hasil kerja warga binaan lapas,” Katanya.

Sedangkan gerobak yang dipesanya tersebut akan dibagikan kepada para peserta program PKW yang dilaksanakan oleh pihak LPKMA Sumedang sesuai dengan hasil kerjasama dari Kemendikbud.

“Ke depan, kami berharap agar semua peserta yang mengikuti progrm PKW ini, akan menjadi seorang siap kerja karena sudah difasilitasi dan mumpuni dari segi skill yang ditimbanya selama pelatihan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Subsie Kegiatan Kerja Lapas Sumedang Asep mengucapkan terimakasih kepada pihak LPKMA karena telah membantu pihaknya dalam hal pemberdayaan kerja warga binaan lapas.

BACA JUGA: Bawaslu Sumedang Hentikan Proses Pencermatan, Dilimpahkan ke KPU

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan