Syarat-Syarat Rekrutmen CPNS BIN 2023

JABAR EKSPRES – Badan Intelijen Negara (BIN) telah membuka pintu kesempatan baru bagi para lulusan SMA, SMK, D3, S1, dan S2 untuk bergabung melalui rekrutmen CPNS 2023 atau CPNS BIN 2023. Bagi mereka yang telah menamatkan pendidikan dengan predikat cum laude atau umum, kesempatan ini terbuka lebar.

Peluang istimewa di berikan kepada para pelamar cum laude yang berasal dari perguruan tinggi dan program studi terakreditasi A atau Unggul. Pengakuan ini terbukti dengan tanggal kelulusan yang tertera pada ijazah mereka.

Khusus bagi pelamar cum laude dari perguruan tinggi, mereka akan mendapatkan penyetaraan ijazah dan surat keterangan predikat setara dengan pujian atau cum laude dari Kemendikbudristek.

Baca juga: Panduan Lengkap Formasi BIN CPNS 2023

Namun, untuk mencapai mimpi tersebut, ada beberapa syarat yang harus di penuhi oleh calon pelamar. Mereka harus menjadi Warga Negara Indonesia yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia serta patuh kepada Pancasila, UUD 1945, serta Negara dan Pemerintah Republik Indonesia.

Selain itu, usia pelamar juga menjadi faktor penting, dengan rentang usia mulai dari 18 hingga 30 tahun, tergantung tingkat pendidikan yang telah di selesaikan.

Tidak hanya itu, bagi pelamar formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat, keturunan menjadi salah satu kriteria penting. Mereka harus dapat membuktikan garis keturunan orang tua yang berasal dari Papua, Papua Barat, atau wilayah Papua melalui akta kelahiran dan surat keterangan lahir yang valid.

Pendidikan juga menjadi sorotan dalam seleksi ini. Calon pelamar harus memiliki IPK minimal yang di tetapkan oleh BIN, tergantung apakah mereka lulus dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Selain itu, pelamar harus memiliki latar belakang pendidikan, kecakapan, keahlian, dan keterampilan yang relevan, serta di utamakan memiliki pengalaman berorganisasi atau jaringan yang luas di bidang akademis maupun organisasi kemasyarakatan.

Seluruh proses pendaftaran CPNS BIN 2023 dapat di lakukan secara online melalui laman resmi sscasn.bkn.go.id hingga tanggal 9 Oktober 2023. Semua informasi terkait format dokumen dan persyaratan lainnya dapat di temukan di situs resmi BIN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan