Asal Muasal Sampah di Pantai Loji Masih Menjadi Tanda Tanya

JABAR EKSPRES – Pesisir Pantai Loji yang berada di kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, kini menjadi perbincangan hangat khalayak luas soal sampah yang menggunung di area bibir pantai itu.

Saat Jabar Ekspres ke lokasi pada Jum’at, 6 Oktober 2023, terlihat tumpukan sampah di pantai tersebut didominasi oleh limbah tekstil yang menggunung.

Diketahui, pesisir Pantai Loji cukup rutin dilakukan clean up. Bahkan, terakhir pembersihan dilakukan pada bulan Juni 2023 lalu. Namun, bagaikan medan magnet, sampah di area itu datang kembali.

Hal serupa dikatakan oleh Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, yang merasa tertantang soal area pantai yang sehari sebelumnya sudah dibersihkan, keesokan harinya problem tersebut muncul kembali.

BACA JUGA: Hari Ketiga Pembersihan Pantai Loji Cibutun, Terkumpul 100 Ton Sampah

“Tanah yang kita injak ini kemarin sore sudah bersih, tapi pagi ini sudah kembali kotor lagi, dan ini yang menjadi tantangan untuk kami,” ungkapnya kepada wartawan saat ditemui di lokasi.

Dikonfirmasi pada lokasi yang sama, AKBP Maruly Pardede selaku Kapolres Sukabumi menjelaskan bahwa problem sampah yang menumpuk di area pesisir Pantai Loji itu sedang dilakukan pendalaman guna mengetahui asal muasal sampah yang didominasi limbah tekstil tersebut.

“Itu masih dalam penyelidikan, kemarin dari tim gabungan baik dari Kodim, Polres, serta DLH sedang melakukan pendalaman untuk mengumpulkan bukti, dari bahan yang ada itu akan kita gabungkan dan kita analisa,

“Nanti pada puncaknya hari sabtu, Forkopimda Kabupaten Sukabumi akan melakukan penyisiran lokasi-lokasi yang telah dilakukan investigasi,mana-mana yang akan kita datangi, dan selidiki,” lanjutnya. (Mg9)

BACA JUGA: SIL UI Bangun Gerakan Pemilahan Sampah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan