Persoalan Jalan Rusak di Bandung Barat, Harus Viral Dulu Baru Pemerintah Turun Tangan

JABAR EKSPRES – Dua belas tahun, masyarakat Desa Karyamukti, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menantikan perbaikan jalan mulus di kampungnya. Tak sedikit pengendara roda dua, dan empat kesulitan saat melewati jalan yang rusak. Pasalnya jalan tersebut dipenuhi oleh bebatuan kecil hingga besar.

Berdasarkan data dari Pemerintah Desa (Pemdes) Karyamukti, sedikitnya warga yang tinggal di wilayahnya sebanyak 3.900 jiwa warga atau 1.600 kepala keluarga (KK).

Kondisi jalan rusak itu, selain menghambat perputaran ekonomi warga, juga mengganggu akses menuju pusat pendidikan dan kesehatan.

Alternatifnya, tahun 2021 masyarakat menawarkan iuran suka rela demi perbaikan. Namun demikian, perbaikan jalan pun hanya seadanya.

“Jadi dua desa yang ikut swadaya memperbaiki jalan itu. Pertama Desa Karyamukti dan Desa Nangerang. Karyamukti sebesar Rp12 juta, dan Nangerang Rp13 juta. Udah diperbaiki, namun engga lama rusak lagi,” kata Sekretaris Desa Karyamukti, Sutandar saat dihubungi, Rabu (4/10/2023).

BACA JUGA: Krisis Air Meluas, BPBD Cimahi Gelontorkan 5.500 Liter Air Bersih Per Hari

Ia mengatakan, Pemdes Karyamukti sebelumnya terus mendorong upaya perbaikan jalan ke Pemda Bandung Barat. Akan tetapi sudah dua kali pemilihan kepala daerah jalan tersebut tak kunjung diperbaiki.

Hingga pada akhirnya, kekesalan warga memuncak dan diekspresikan pada aksi pemasangan spanduk bernada protes dengan ancaman golput pada Sabtu, (30/9/2023) lalu.

Spanduk yang dibentangkan di atas jalan rusak Karyamukti tersebut bertuliskan ‘KAMI WARGA DESA KARYAMUKTI TIDAK AKAN MENGIKUTI PEMILU 2024 SEBELUM JALAN KABUPATEN DI WILAYAH DESA KARYAMUKTI KECAMATAN CILILIN DIBANGUN. MOHON PERHATIANNYA PEMDA KBB KAMI SANGAT LELAH.’

Menanggapi hal itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), pada Senin, 2 Oktober 2023 kemarin, langsung melakukan peninjauan ke lokasi. Hal itu dilakukan tak lain dari buntut aksi protes warga Desa Karyamukti yang sempat viral di media sosial.

“Pak Pj Bupati dan PUTR langsung melakukan rapat koordinasi untuk melakukan peninjauan langsung dan melihat kondisi jalan,” kata Kepala PUTR Kabupaten Bandung Barat Mochamad Ridwan Evi.

BACA JUGA: Pengiriman Sampah Kabupaten Bandung ke TPAS Sarimukti Dihentikan Sementara, DLH Sebut Siapkan Siasat Penanganan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan