5 Bansos yang Cair di Bulan Oktober 2023

JABAR EKSPRES – Dalam beberapa hari ke depan, masyarakat Indonesia akan menyambut gembira sejumlah bansos  yang akan cair pada bulan Oktober 2023. Kabar gembira ini diungkapkan melalui kanal YouTube INFO BANSOS, yang mengulas dengan detail 7 jenis bansos yang akan segera di distribusikan kepada keluarga penerima manfaat atau KPM.

Pemerintah, melalui program bansos oktober 2023, bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dan meningkatkan daya beli mereka. Bantuan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari tunai hingga non tunai, dan menggiring harapan kepada ribuan keluarga Indonesia.

Baca artikel lainnya: Jadwal Penyaluran Bansos BPNT dan PKH Tahap 4 Tahun 2023!!

  • Salah satu program bansos yang sangat dinantikan adalah BLT Kemiskinan Ekstrem.

Program ini di rancang khusus untuk membantu masyarakat miskin ekstrem dengan penyaluran dana bansos sebesar Rp 900 ribu, menggantikan penyaluran yang tertunda sejak bulan Juli hingga September. Selain itu, ada alokasi tambahan sebesar Rp 300 ribu untuk bulan Oktober, meskipun perlu di ingat bahwa nominal dan jadwal penyaluran bansos ini berbeda-beda di setiap daerah.

  • Bantuan lain yang sangat di nantikan adalah Kartu Prakerja

Yang memberikan peluang kepada pencari kerja yang terkena PHK atau yang memerlukan peningkatan keterampilan. Program ini memberikan insentif mencari kerja sebesar Rp 600 ribu dan insentif pengisian survey evaluasi sebesar Rp 50 ribu, dengan total dua kali penyaluran.

  • Bantuan PIP Kemendikbud

Program ini menjamin anak-anak dari keluarga kurang mampu mendapatkan pendidikan yang layak. Sebelum menerima bantuan ini, siswa harus mengaktifkan rekening Simpel di BRI atau BNI sesuai dengan ketentuan pemerintah.

  • PKH Tahap 4

Tidak hanya itu, PKH Tahap 4 juga akan di salurkan kepada KPM mulai pertengahan Oktober hingga akhir November. Bantuan ini secara bertahap akan di berikan kepada pemegang kartu KKS Merah Putih di bank BRI, BNI, Mandiri, dan BSI.

  • Bansos Beras 10 KG

Meskipun telah di salurkan pada bulan September. Namun akan kembali didistribusikan pada bulan Oktober untuk memastikan bahwa seluruh keluarga penerima manfaat mendapatkan bantuan tersebut. Selain itu, ada Bansos Ayam dan Telur, yang di berikan kepada 1,4 juta keluarga rentan stunting atau KRS dari bulan September hingga November 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan