Perusahaan Start Up Jepang Kembangkan Robot Mirip Gundam!

JABAR EKSPRES- Perusahaan start up berbasis di Tokyo, yang dikenal sebagai Tsubame Industries, baru-baru ini mengembangkan robot beroda empat setinggi 4,5 meter yang menyerupai karakter “Mobile Suit Gundam” dari serial anime yang sangat terkenal di Jepang. Robot ini bisa menjadi milik Anda dengan harga $3 juta.

Dikenal sebagai ARCHAX, robot ini dinamai dari dinosaurus burung Archaeopteryx. Robot ini dilengkapi dengan kokpit yang dilengkapi monitor yang dapat menampilkan gambar dari kamera yang terhubung ke bagian luar robot, memungkinkan pilot mengendalikan lengan dan tangan robot menggunakan joystick dari dalam kokpitnya.

Robot ini memiliki berat sekitar 3,5 ton dan akan diperkenalkan dalam Japan Mobility Show pada akhir bulan ini. ARCHAX memiliki dua mode, yaitu “mode robot” yang berdiri tegak dan “mode kendaraan” yang dapat mencapai kecepatan hingga 10 km per jam.

Baca juga: Jepang Akan Kembali Buang Limbah Nuklir ke Laut pada 5 Oktober

Baca juga: Jepang Resmi Mengijinkan Pengungsi Ukraina Bekerja di Negaranya

Ryo Yoshida, yang merupakan CEO Tsubame Industries yang berusia 25 tahun, mengatakan, “Jepang sangat terkenal dalam bidang animasi, permainan, robot, dan mobil, jadi saya pikir akan sangat bagus jika saya bisa menciptakan produk yang menggabungkan semua elemen ini menjadi satu. Saya ingin menciptakan sesuatu yang mencerminkan identitas Jepang.”

Yoshida berencana untuk membuat dan menjual lima unit robot ini kepada kolektor yang berminat. Namun, ia juga berharap bahwa suatu hari robot ini bisa digunakan untuk bantuan dalam situasi bencana atau di industri luar angkasa.

Sejak usia dini, Yoshida memiliki minat dalam manufaktur, dia bahkan belajar cara mengelas di pabrik besi milik kakeknya.

Kemudian, dia mendirikan perusahaan yang memproduksi tangan palsu berbasis teknologi myoelektrik. Yoshida ingin memastikan bahwa kemampuan manufaktur Jepang tetap relevan dan berdaya saing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan