Mouly Surya Bakal Terima Penghargaan Bergengsi Akira Kurosawa 2023 dari Tokyo International Film Festival

JABAR EKSPRES – Sutradara Indonesia yang berbakat, Mouly Surya, akan menjadi salah satu penerima Penghargaan Akira Kurosawa 2023 yang bergengsi dari Tokyo International Film Festival. Penghargaan prestisius ini diberikan kepada sineas yang telah mengukir prestasi luar biasa dalam dunia perfilman, dan diharapkan akan menjadi pemandu masa depan industri film.

Mouly Surya terpilih untuk penghargaan ini oleh anggota komite seleksi yang terdiri dari para sineas dan kritikus film terkemuka Jepang. Keputusan ini didasarkan pada kontribusi signifikan Mouly Surya melalui filmnya, “Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak” (2017), yang berhasil menggebrak dunia perfilman dengan penggambaran unik tentang Indonesia yang jarang terlihat oleh mata dunia.

Baca Juga: Nadin Amizah Berbagi Pengalaman Dilecehkan Usai Tampil di Ciwalk, Bandung

Dalam pernyataan resmi yang diterima oleh CNNIndonesia.com pada Senin (25/9), komite seleksi Tokyo International Film Festival menyatakan, “Pengakuan internasional yang ia terima juga memberi harapan kepada sineas perempuan Asia Tenggara yang baru memulai karier mereka. Kami memberikan penghargaan ini dengan harapan bahwa dia (Mouly Surya) akan terus memberikan kontribusi besar untuk budaya perfilman.”

Mouly Surya menyambut kabar ini dengan antusiasme dan kebanggaan yang besar. Ia mengakui bahwa ia tidak pernah bermimpi namanya akan disandingkan dengan Akira Kurosawa, sutradara legendaris dan ikon sinema Jepang. Penghargaan ini dianggapnya sebagai penghormatan besar, dan ia mengucapkan terima kasih kepada anggota komite Tokyo International Film Festival atas apresiasi yang diberikan.

Dalam ucapan terima kasihnya, Mouly Surya berkata, “Sebagai penggemar cerita, manga, anime, dan, di kemudian hari, sinema – saya tidak pernah berani bermimpi nama saya akan disebut dalam kalimat yang sama dengan Akira Kurosawa. Ini adalah kehormatan besar bagi saya, dan saya ingin berterima kasih kepada anggota komite seleksi dan Tokyo International Film Festival atas peran mereka dalam perubahan ini.”

Baca Juga: Joe Jonas dan Sophie Turner Sepakat Biarkan Anak-Anak Tinggal di New York

Penghargaan Akira Kurosawa 2023 juga diberikan kepada sutradara China, Gu Xiaogang. Kedua sutradara ini dipilih oleh komite yang terdiri dari nama-nama besar dalam industri film, seperti sutradara Yamada Yoji, aktris Dan Fumi, casting director Narahashi Yoko, kritikus Kawamoto Saburo, dan Direktur Program TIFF, Ichiyama Shozo.

Tinggalkan Balasan