Musim Panas, Ratusan Pengunjung Serbu Wisata Mata Air Cikandung

JABAR EKSPRES – Pada puncak musim panas tahun ini, wisata Mata Air Cikandung, Kabupaten Sumedang diserbu ratusan pengunjung, Minggu 1 Oktober 2023.

Terpantau Jabarekspres.com di lokasi, tepatnya di Dusun Cikandung, Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, ratusan pengunjung berbagai kalangan usia tengah asik bermain air.

Pengelola wisata Mata Air Cikandung, Asep Suryapudin (54) menjelaskan, bahwa pengunjung yang datang bisa mencapai 500 orang per hari, khusus akhir pekan.

Baca juga: Promo Lawson Peringati International Coffee Day!

“Itu bisa nyampe 500 kalau sabtu atau minggu, kalau hari-hari biasa itu sekitar 20 hingga 100 pengunjung paling banyak. Ya kira-kira ya, soalnya tidak menentu,” ungkap Asep kepada JabarEkspres.com di lokasi.

Uniknya, meski musim kemarau panjang, air yang ada di kolam Mata Air Cikandung tidak pernah mengering.

“Sejak dulu juga tidak pernah mengalami kekeringan, alhamdulilah. Kalau surut memang ada sekitar 10 sampai 15 cm,” katanya.

Di Cikandung ini, terdapat sebuah kolam yang didesain menyatu dengan alam. Hanya satu dan sangat sederhana, namun yang menarik ialah air yang ada dihasilkan dari mata air pegunungan.

Dengan tiket masuk seharga Rp2.000 masyarakat lokal khususnya sering kali datang dan bermain di sana.

Berbagai aktivitas pengunjung yang datang di antaranya makan bersama keluarga, memancing, berenang hingga hanya sekadar duduk meminum kopi sembari menikmati pemandangan yang masih asri dan alami.

Demikian, di sana juga terdapat berbagai jajanan, aneka makanan dan minuman, berat maupun hanya untuk cemilan saja.

Beberapa fasilitas rekreasi seperti sepeda bebek juga telah tersedia untuk disewakan, ban dalam berbagai ukuran untuk mereka yang ingin belajar berenang atau bersantai di air.

Diketahui, bahwa destinasi wisata Mata Air Cikandung tengah dikelola oleh organisasi Pokdarwis di bawah Pemerintahan Desa Nyalindung.

Bagi masyarakat luar sumedang, untuk menuju lokasi tersebut hanya diperlukan waktu selama sekitar 30 menit dari gerbang Tol Cisumdawu Kota (Karapyak).(Mg11)

Baca juga: Digelar Sampai 1 Oktober 2023, Peringatan Anniversary Panda Day di Taman Safari Bogor Disambut Meriah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan