Doa Minta Perlindungan Dari Cuaca Panas yang Ekstrem

JABAR EKSPRES – Akhir-akhir ini Indonesia dilanda cuaca panas yang sangat ekstrem, bahkan dibeberapa daerah suhu udara mencapai 40 derajat celcius. Disadari atau tidak, cuaca panas merupakan salah satu musibah, karenanya kita harus mengamalkan doa untuk meminta perlindungan dari cuaca panas yang ekstrem ini.

Bahkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, disebutkan, Rasulullah pernah menyebut bahwa cuaca panas yang menyengat sebagaian dari hembusan neraka jahanam.

Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا اشْتَدَّ الْحَرُّ فَأَبْرِدُوا بِالصَّلَاةِ فَإِنَّ شِدَّةَ الْحَرِّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ

Artinya: “Apabila cuaca panas ekstrim, maka tundalah sebentar pelaksanaan shalat hingga cuaca agak dingin karena panas yang menyengat itu sebagian dari hembusan neraka jahannam.” (HR Bukhari)

Baca juga : Waspada Cuaca Panas Ekstrim, ini Tips untuk Menjaga Kesehatan

Doa perlindungan dari cuaca panas ekstrem ini dimaksudkan bukan untuk menolak ketetapan Allah dengan karunianya berupa cuaca panas, namun sebagai bentuk ikhtiar agar dijauhkan dari bahaya seperti penyakit, musibah kebakaran dan lain sebagainya.

Doa meminta perlindungan dari bahaya cuaca panas ekstrem ini sering cibacakan juga saat akan melakukan sholat meminta hujan, atau sholat istisqo. Atau bisa juga kita baca sendiri-sendiri saat selesai sholat fardhu atau di waktu mustajab lainnya.

Musim panas seperti saat ini juga pernah terjadi di jaman Rosulullah. Saat menghadapi cuaca yang panas seperti saat ini, Rasulullah SAW menganjurkan untuk berteduh dan sebisa mungkin mengusahakan agar tubuh tetap terlindungi.

Dalam sebuah hadits dijelaskan,

فَلَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُبُّ الْمَاءَ عَلَى رَأْسِهِ مِنْ الْحَرِّ وَهُوَ صَائِمٌ

Artinya: “Sungguh aku melihat Nabi Muhammad SAW menuangkan air ke atas kepala beliau sendiri lantaran panasnya cuaca dan saat itu beliau sedang berpuasa.” (HR Ahmad)

Dilansir dari Nuonline, berikut 3 doa yang bisa dipanjatkan saat sedang mengalami cuaca panas yang ekstrem di musim kemarau seperti saat ini.

Baca juga : Akibat Cuaca Panas Ekstrem, Kemenkes Arab Saudi Laporkan 1.098 Kasus Jemaah Haji yang Terdampak

1. Doa saat musim kemarau dengan cuaca panas

Doa yang satu ini diambil dari pembukaan khutbah Shalat Istisqa Rasulullah SAW :

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اَلْعَالَمِينَ, اَلرَّحْمَنِ اَلرَّحِيمِ, مَالِكِ يَوْمِ اَلدِّينِ, لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ يَفْعَلُ مَا يُرِيدُ, اَللَّهُمَّ أَنْتَ اَللَّهُ, لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ, أَنْتَ اَلْغَنِيُّ وَنَحْنُ اَلْفُقَرَاءُ, أَنْزِلْ عَلَيْنَا الْغَيْثَ, وَاجْعَلْ مَا أَنْزَلْتَ عَلَيْنَا قُوَّةً وَبَلَاغًا إِلَى حِينٍ

Alhamdulillāhi rabbil ālamīn. Arrahmānir rahīm. Māliki yaumid dīn. Lā ilāha illallāhu yaf’alu mā yurīd. Allahumma antallāhu. Lā ilāha illā anta. Antal ghaniyyu wa nahnul fuqara`. Anzil ‘alainal ghaitsa waj’al mā anzalta ‘alainā quwwatan wa balaghan ilā hīn.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan