7 Hikmah dan Pelajaran Peristiwa G30S PKI 3O September

JABAR EKSPRES – Peristiwa kelam di malam 30 September 1965, dikenal sebagai G30S PKI. Kejadian ini menjadi kisah tragis tentang pengorbanan 6 jenderal dan 1 perwira pertama TNI AD.

G30S PKI ini menjadi sejarah karena terjadinya pemberontakan sekelompok pembelot bangsa yang berupaya menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno pada saat itu.

7 Hikmah dan Pelajaran Peristiwa G30S PKI

Simak 7 hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari peristiwa G30S PKI di bawah ini.

1. Kita harus menghindari sikap egois yang membuat kita merasa bahwa hanya pendapat kita yang benar, karena peristiwa G30S PKI mengingatkan kita tentang bagaimana upaya anggota PKI untuk memaksa pemerintah menjadikan negara komunis berdampak buruk pada stabilitas dan perdamaian.

BACA JUGA: 10 Kata-Kata Ucapan Memperingati G30S PKI Penuh Makna, 30 September

2. Pemahaman tentang bagaimana kontroversi dan propaganda bisa menciptakan kebingungan dan menghasilkan tindakan sembrono tanpa mempertimbangkan dampaknya pada orang lain.

3. Kesadaran bahwa persaingan kekuasaan dalam suatu negara selalu berpotensi menimbulkan masalah, baik dalam skala kecil maupun besar.

4. Pemahaman tentang pentingnya kepemimpinan yang kuat dan efektif dalam menjaga stabilitas dan keberlanjutan negara.

5. Kesadaran akan risiko krisis ekonomi yang bisa terjadi jika pemerintahan gagal membangun perekonomian yang stabil, yang pada gilirannya bisa menyebabkan krisis sosial.

BACA JUGA: Sinopsis Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI, Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

6. Hikmah dari peristiwa ini adalah mengingatkan pentingnya menjaga stabilitas, demokrasi, dan ketahanan negara Indonesia.

7. Pelajaran yang dapat dipetik dari kejadian itu adalah bahwa pemahaman komunis tidak akan pernah relevan dengan ideologi dan dasar negara Indonesia.

Sangat penting untuk meyakini bahwa Pancasila adalah rahmat yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai dasar negara dalam berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, setiap pemikiran dan perilaku yang berusaha untuk merusak atau mengurangi nilai-nilai Pancasila dapat dipastikan akan mendapatkan reaksi negatif dari masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan