10 Kata-Kata Ucapan Memperingati G30S PKI Penuh Makna, 30 September

JABAR EKSPRESG30S PKI diperingati setiap tanggal 30 September.
Peristiwa bersejarah dan mempunyai makna yang sangat penting.

Peristiwa Gerakan 30 September 1965, yang lebih dikenal dengan sebutan G30S PKI ini melibatkan pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dipimpin oleh DN Aidit.

Dalam peristiwa ini, enam Jenderal diculik dan dibunuh. Tiga di antara mereka tewas di tempat tinggal mereka, sementara yang lainnya diculik dan kemudian dibuang ke Sumur Lubang Buaya.

Keenam perwira tinggi tersebut adalah Letjen Anumerta Ahmad Yani, Mayjen Raden Soeprapto, Mayjen MT Haryono, Mayjend S Parman, Brigjen DI Panjaitan, dan Brigjen Sutoyo Siswomiharjo.

Diketahuu tujuan dari pemberontakan ini adalah untuk menggulingkan pemerintah era Soekarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis.

Berikut adalah kata-kata ucapan yang bisa digunakan oleh masyarakat yang ingin memperingati peristiwa bersejarah ini.

10 Kata-Kata Ucapan Memperingati G30S PKI

1. Mari kita ingat perjuangan para pahlawan saat mempertahankan NKRI dari G30S PKI. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk meneruskan semangat perjuangan para pahlawan tanah air.

2. Mari selalu mengingat peringatan dari peristiwa G30S PKI dan berupaya keras untuk mencegah masa kelam seperti itu terulang di masa depan!

3. Kita sudah melalui masa di mana negara ini terkeroyok, sekarang mari bersatu sebagai satu kesatuan untuk melindungi negara dengan solidaritas, dan jangan pernah melupakan peristiwa G30S PKI.

BACA JUGA: Sinopsis Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI, Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

4. Sejenak mari mengheningkan cipta untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan yang menjadi korban G30S PKI adalah tindakan nyata yang menunjukkan cinta kita pada Tanah Air.

5. Gerakan 30 September merupakan momen yang menyayat hati karena melibatkan penyiksaan terhadap para pahlawan sejati yang telah membela negeri.

6. Kematian para pahlawan yang gugur dalam insiden G30S PKI tidaklah sia-sia. Mereka telah meninggal demi Bangsa Indonesia.

7. Dunia adalah tempat yang berbahaya untuk hidup, bukan karena orang-orang yang jahat, tapi karena orang-orang yang tidak berbuat apa-apa. – Albert Einstein

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan