Rahasia Keutamaan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

JABAR EKSPRES – Merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa bergabung dengan lingkungan sekitar, atau di masjid-masjid yang menggelar acara khusus atau dengan merayakannya seorang diri. Seperti apapun bentuknya, merayakan Maulid Nabi ternyata memiliki keutamaan yang luar biasa.

Peringatan Maulid Nabi ternyata tidak hanya dirayakan di Indonesia saja, bahkan umat Islam dari berbagai negara juga merayakannya dengan bermacam cara yang sesuai dengan tradisi mereka. Hal ini karena mereka juga menyadari ada keutamaan yang bisa di dapat jika merayakan Maulid Nabi Muhammad.

Selain untuk mendapatkan keutamaan, merayakan Maulid Nabi juga merupakan bentuk syukur bagi umat Islam atas kehadiran Nabi Muhammad SAW yang bukan hanya seorang rosul, melainkan berkah untuk semua alam dan rahmad bagi seluruh Umat Muslim di dunia.

Baca juga :  30 Link Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW 2023 Paling Aesthetik

Dilansir dari laman Nuonline, ada 3 keutamaan yang bisa didapat jika kita merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

1. Mendapat Ampunan dari Siksa Kubur

Salah satu bukti bahwa keutamaan merayakan Maulid Nabi bisa mendapatkan ampunan dari siksa kubur, adalah ketika Abu Lahab diringankan siksanya setiap hari Senin karena ia pernah bergembira dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitabnya Shahih al-Bukhari.

Bersumber dari riwayat Urwah bin Zubair, bahwa ketika Abu Lahab meninggal, ia didatangi oleh salah seorang keluarganya dalam mimpi dan ditanyai tentang keadaannya.

Abu Lahab menjawab, “Aku diringankan siksaku setiap hari Senin karena aku pernah membebaskan budak wanita bernama Tsuwaibah yang telah menyusui Nabi Muhammad SAW.”

Hal ini menunjukkan bahwa kemuliaan Nabi Muhammad SAW sangatlah besar, sehingga bahkan orang yang tidak beriman kepadanya pun dapat merasakannya. Maka, bagaimanakah dengan seorang muslim yang sepanjang hidupnya bergembira dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW dan wafat dalam keadaan Islam? Tentulah ia akan mendapatkan kemuliaan yang jauh lebih besar.

2. Dikumpulkan dengan Para Syuhada di Akhirat

Keutamaan berikutnya adalah akan dikumpulkan dengan para syuhada dan orang yang shalih di akhirat. Penjelasan ini dikatakan oleh Imam Yafi’i, sebagaimana dinukil dalam kitab I‘anatut Thalibin, juz III halaman 365, bahwa orang yang memperingati Maulid Nabi akan mendapatkan pahala yang besar, bahkan bisa sampai ke surga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan