Selain Maulid Nabi Muhammad SAW, Ada Dua peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Rabiul Awal

JABAR EKSPRES – Bulan Rabiul Awal, dikenal juga sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau bulan Maulid. Namun ada beberapa peristiwa penting lainnya yang terkait dengan Nabi Muhammad yang juga terjadi di bulan ini.

Dalam penanggalan kalender Hijriyah, Bulan Rabiul Awal merupakan bulan ketiga, setelah Muharram dan Safar. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang dimuliakan karena terjadi peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam, yakni lahirnya seorang Rosul utusan Allah yang menjadi Nabi terakhir pembawa kesempurnaan, atau disebut juga Maulid Nabi Muhammad.

Dilansir dari laman Muhammadiyah.or.id, Rabiul Awal dianggap sebagai bulan di mana tumbuh bunga-bunga dan turunnya hujan di padang pasir. Karenanya, ada harapan besar bagi umat Islam di tanah Air, bahwa bulan ini Allah akan memberikan berkah dengan emnurunkan hujan di tengah musim kemarau panjang yang terjadi.

Baca juga : Menyambut Hari Maulid Nabi 2023, Berikut Jadwal Puasa, Keutamaan, dan Bacaan Niat

Bulan Rabiul Awal juga menjadi bulan yang istimewa, terutama bagi umat Islam di Madinah, karena ada peristiwa penting yang menandai periode keemasan Islam di Madinah berkat kehadiran Nabi Muhammad di sana.

Berikut beberapa peristiwa penting yang berkaitan dengan pada Nabi Muhammad SAW yang terjadi pada Rabiul Awal.

1. Bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW

Bulan Rabiul Awal biasa disebut bulan Maulid karena merupakan bulan lahirnya Nabi Muahmmad. Di Indonesia, ada semacam tradisi untuk memperingati kelahiran Nabi dengan perayaan Maulid Nabi.

Rasulullah lahir pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah atau 570 Masehi. Hal ini ada dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Ishaq dari Ibnu Abbas.

“Rasulullah dilahirkan di hari Senin, tanggal dua belas di malam yang tenang pada bulan Rabiul Awal, Tahun Gajah.”

Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki dalam kitab Mafahim Yajib an Tushahhah, mengungkapkan peringatan Maulid Nabi Muhammad merupakan bentuk tradisi yang baik di masyarakat.

Kegiatan ini tidak dikategorikan sebagai ibadah yang dipersoalkan keabsahannya. Maulid Nabi Muhammad menjadi momen efektif untuk mendakwahkan teladan akhlak Rasulullah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan