Selain Maulid Nabi Muhammad SAW, Ada Dua peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Rabiul Awal

2. Bulan Hijrah Nabi ke Madinah.

Bulan Rabiul Awal menjadi bulan yang istimewa bagi masyarakat Madinah, karena terjadi peristiwa bersejarah hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah pada bulan ini.

Dalam Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam berkata, Nabi membawa rombongannya ke Bani Amr ibn Auf pada 12 Rabiul Awal malam Senin. Ibnu Katsir juga berkata bahwa Nabi Muhammad tinggal bersama pengikutnya di Bani Amr ibn Auf pada Senin Rabiul Awal.

Baca juga : 15 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2023, Penuh Makna Dan Doa, Cocok Untuk Status dan Story

Menurut Buya Hamka, hijrah Nabi Muhammad ke Madinah bukan sebuah kebetulan. Rasulullah mendapatkan perintah hijrah dari Allah. Lalu mengimbau para sahabatnya untuk melakukan perjalanan secara sembunyi-sembunyi menuju Madinah.

Adapun alasan Madinah menjadi tujuan hijrah, karena Madinah memiliki beberapa keutamaan. Misalnya penduduknya yang ramah dan berpengalaman dalam berperang, serta lokasinya strategis untuk menjaga dakwah Islam.

3. Nabi Muhammad Wafat

Selain menjadi bulan kelahiran dan perjalanan hijrah bagi Nabi Muhammad, bulan Rabiul Awal juga menjadi bulan penuh duka, di mana Nabi Muhammad wafat.

Rasulullah SAW wafat pada Senin 12 Rabiul Awal 11 Hijriyah atau bertepatan dengan 8 Juni 632 M. Rasulullah SAW wafat di rumah istrinya Aisyah. Dia dimakamkan di Madinah al-Munawwarah.

Demikian tiga peristiwa penting dalam sejarah Islam yang berhubungan dengan Nabi Muhammad dan terjadi pada bulan Rabiul Awal. Semoga bisa diambil hikmah dari masing-masing peritiwa tersebut untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan