Rusia Kemungkinan Akan Ikut Larang Impor Produk Laut Jepang

JABAR EKSPRES- Rusia berpotensi bergabung dengan China dalam menghentikan impor makanan laut dari Jepang sebagai respons terhadap pelepasan air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang rusak ke laut. Pada hari Selasa, regulator Rusia menyatakan bahwa mereka sedang melakukan upaya untuk mengadakan pembicaraan dengan pihak Jepang mengenai hal ini.

Jepang telah memulai pembuangan air dari pembangkit listrik tersebut ke laut pada bulan lalu, yang memicu protes keras dari Tiongkok. Sebagai tanggapan, Tiongkok telah memberlakukan larangan total terhadap impor semua produk perairan dari Jepang.

Rosselkhoznadzor, pengawas keamanan pangan Rusia, mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah berbicara dengan rekan-rekan mereka di China tentang ekspor makanan Jepang. Rusia adalah salah satu penyedia terbesar produk kelautan ke Tiongkok dan ingin meningkatkan pangsa pasar mereka.

Mereka menyatakan, “Mengingat kemungkinan risiko kontaminasi radiasi pada produk, Rosselkhoznadzor sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk bergabung dengan pembatasan Tiongkok terhadap pasokan produk ikan dari Jepang.” Keputusan akhir akan diambil setelah negosiasi dengan pihak Jepang.

Selama tahun ini, Rusia telah mengimpor sekitar 118 ton makanan laut dari Jepang, demikian kata regulator tersebut.

Baca juga: Minister Pertahanan Rusia Pamerkan Rekaman Video Kontroversial Terkait Komandan Armada Laut Hitam

Rosselkhoznadzor mengungkapkan bahwa mereka telah mengirim surat kepada Jepang untuk mengajukan pembicaraan dan meminta informasi mengenai pengujian radiologi Jepang terhadap produk ikan yang diekspor pada tanggal 16 Oktober, termasuk tritium.

Baca juga: Tragis! Komandan Tinggi Rusia Tewas dalam Pertempuran dengan Pasukan Ukraina

Pemerintah Jepang akan meneliti pengumuman yang dibuat oleh Rusia pada hari Selasa. Hirokazu Matsuno, juru bicara pemerintah Jepang, mengatakan bahwa air yang dilepaskan tersebut telah diproses untuk menghilangkan sebagian besar unsur radioaktif, kecuali tritium, dan kemudian diencerkan ke tingkat yang dapat diterima secara internasional sebelum dilepaskan.

Jepang juga menegaskan bahwa kritik yang diajukan oleh Rusia dan Tiongkok tidak didukung oleh bukti ilmiah. Mereka mengharapkan bahwa Rusia akan bertindak berdasarkan bukti ilmiah dalam mengatasi masalah ini. Juru bicara tersebut juga mencatat bahwa Rusia adalah salah satu anggota dari tim ahli Fukushima yang diketuai oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA), yang telah memberikan persetujuan untuk pelepasan air tersebut pada bulan Juli.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan