8 Kilogram Sabu Dimusnahkan BNNP Jabar

BANDUNG – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat memusnahkan seberat 8 kilogram lebih sabu. Pemusnahan dilakukan mengunakan alat insinerator dan dilarutkan dengan cairan kimia berlangsung di kantor BNNP Jawa Barat, Selasa 26 September 2023.

Barang bukti sabu tersebut didapatkan petugas BNNP Jabar dari lima orang tersangka dari dua kasus berbeda periode Juli-September 2023. Empat orang diamankan pada Juli 2023, yakni A, N, F, dan TA. Sementara pada Agustus 2023, BNNP Jawa Barat menangkap tersangka berinisial MB.

Kepala Bidang Pemberantasan dan Intelijen BNNP Jawa Barat Kombes Heru Yulianto menjelaskan, pengungkapan ini berdasarkan laporan akan adanya pengiriman barang haram itu dari Sumatera, utamanya Aceh dan Riau.

“Sabu ini dikirim menggunakan bus dari wilayah Sumatera menuju Pelabuhan Merak. Dan saat masuk ke wilayah Jawa Barat, kita lakukan penggeledahan terhadap bus yang kita curigai, dan kita temukan barang bukti sabu yang disembunyikan di blower AC,” tuturnya.

Heru mengemukakan, pada Agustus 2023 pihaknya mengungkap satu kasus peredaran narkotika jenis sabu dan mengamankan satu orang tersangka berinisial MB. Dari yang bersangkutan, petugas menyita dua bungkus sabu seberat 610,38 gram.

“Barang bukti ini dibawa dari daerah Sumatera untuk diedarkan di wilayah Bandung oleh tersangka,” ucapnya.

Dengan pengungkapan tersebut, BNNP Jawa Barat telah menyelamatkan kurang lebih 49.280 warga Jawa Barat dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan