Upaya Menjalin Kedekatan, Israel Ucapkan Selamat Hari Nasional kepada Arab Saudi

JABAR EKSPRES- Israel mengucapkan selamat Hari Nasional Arab Saudi yang ke-93 pada Sabtu (23/9/2023). Dalam ucapan tersebut, Israel menyampaikan harapannya untuk mewujudkan kerja sama dan hubungan tetangga yang baik.

“Kami dengan tulus mengucapkan selamat dan memberikan berkah kepada raja, pemerintah, dan rakyat Kerajaan Arab Saudi dalam peringatan Hari Nasional ke-93,” kata Kementerian Luar Negeri Israel dalam pernyataannya yang dilaporkan oleh Al-Arabiya.

MBS, Putra Mahkota Arab Saudi, mengungkapkan bahwa normalisasi diplomatik antara Israel dan Saudi semakin mendekat. Saat ini, negosiasi normalisasi antara Saudi dan Israel yang difasilitasi oleh Amerika Serikat (AS) masih berlangsung.

BACA JUGA : AS Berencana Ijinkan Israel Masuk Negaranya Tanpa Visa

“Pertemuan demi pertemuan, kami semakin mendekat,” ujar MBS dalam wawancara dengan stasiun televisi Amerika Serikat, Fox News, yang disiarkan pada Rabu (20/9/2023) malam.

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, terus berusaha untuk memediasi hubungan sejarah antara Saudi dan Israel, kedua negara merupakan sekutu utama AS di Timur Tengah. Namun, negosiasi mengenai normalisasi antara Arab Saudi dan Israel merupakan proses yang kompleks.

Pembicaraan tentang normalisasi juga mencakup kemungkinan Israel memberikan konsesi kepada Palestina, serta diskusi tentang jaminan keamanan AS dan bantuan nuklir sipil yang diinginkan oleh Riyadh. MBS menekankan bahwa isu Palestina sangat penting bagi Riyadh.

“Kita perlu menyelesaikan bagian itu,” ujar MBS saat ditanya mengenai apa yang diperlukan untuk mencapai kesepakatan normalisasi.

MBS juga menekankan bahwa jika Iran memperoleh senjata nuklir, maka Arab Saudi juga harus memiliki senjata yang serupa.

Meskipun Arab Saudi dan Israel telah lama menjadi musuh Iran, hubungan antara Arab Saudi dan Iran telah membaik sejak keduanya sepakat untuk memulihkan hubungan diplomatik pada bulan Maret.

BACA JUGA : Kelompok Ekstremis Boko Haram Membunuh 10 Petani Nigeria dan Menculik 9 Orang

Sementara itu, dalam pidatonya di Majelis Umum PBB pada Jumat (22/9/2023), Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyampaikan optimisme bahwa perdamaian bersejarah antara Israel dan Arab Saudi akan segera tercapai.

Beberapa negara Arab, termasuk Uni Emirat Arab dan Bahrain, telah memutuskan untuk normalisasi hubungan dengan Israel pada tahun 2020 melalui Abraham Accords yang diinisiasi oleh mantan Presiden AS, Donald Trump.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan