Lewat Komitmen Siap Bantu Sampai Tujuan, Ninja Xpress Hadirkan Wadah Bagi UKM Kuasai Pasar Lokal Hingga Global

JABAR EKSPRES – Pada awal september lalu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) mendorong penguatan kerjasama pelaku UMKM di kawasan ASEAN untuk bisa menjadi pemain global melalui Asean Business Awards.

UKM disebut menjadi fondasi ekonomi negara-negara di ASEAN, termasuk Indonesia. Adapun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) ekspor Indonesia terbesar pada Januari 2023 berasal dari Jawa Barat dengan nilai US$ 3,07 miliar (13,75 persen).

Menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki, negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, sangat kaya dengan produk berbasis kuliner, fashion, dan kerajinan yang bersumber dari kekayaan budaya. Oleh karena itu, saat ini tantangannya adalah bagaimana UKM Indonesia tetap tumbuh dan berkompetisi secara lokal dan global.

Melalui komitmen Siap Bantu Sampai Tujuan, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, Ninja Xpress terus berinovasi untuk mendukung pertumbuhan UKM di tanah air.

Untuk itu, Ninja Xpress menghadirkan beberapa inisiatif yang bertujuan untuk memberikan wadah kepada UKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka secara konsisten. Dengan adanya creative hub yang lebih besar, yang selanjutnya disebut Ninja Studio, komunitas UKM memiliki tempat yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan bisnis dengan berbagai fasilitas pendukung di dalamnya.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress mengatakan, Ninja Xpress terus berinisiatif untuk mendukung pertumbuhan ekosistem UKM di Indonesia. Tidak hanya memfasilitasi UKM dengan berbagai program pembelajaran baik online maupun melalui blog.ninjaxpress.co.

“Hadirnya Ninja Studio juga dapat dijadikan sarana bagi UKM dan komunitasnya untuk mengadakan berbagai kegiatan. Dengan begitu, memberikan peluang bagi UKM untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, hingga memperluas jaringan bisnis mereka. Lalu apabila UKM sudah beroperasi dengan lancar, ada juga dukungan ekspor barang ke malaysia dengan diresmikannya kerjasama baru dengan Mallindo.com,” kata dia.

Ninja Studio untuk Komunitas UKM

Selain menggunakan tempat untuk kegiatan, Komunitas UKM juga dapat menggunakan layanan foto dan video produk secara gratis di Ninja Studio.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan