Khasiat Teh Madu untuk Menjaga Kekebalan Tubuh di Musim Kemarau

JABAR EKSPRES – Musim kemarau dimana cuaca menjadi lebih terik dan kering, membuat banyak penyakit bisa sewaktu-waktu menyerang. Karenanya dibutuhkan asupan vitamin dan suplemen yang bisa menjaga kekebalan tubuh, salah satunya dengan teh madu.

Teh madu adalah minuman yang dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan, terutama dalam menjaga kekebalan tubuh di musim kemarau seperti saat ini.

Berbagai penyakit bisa saja datang karena kondisi tubuh yang kurang fit, metabolisme terganggu atau pengaruh dari cuaca yang tidak bersahabat.

Teh madu merupakan minuman yang sangat mudah untuk dibuat, terdiri dari tiga bahan alami yang biasanya selalu ada di setiap rumah. Yakni air hangat, teh dan madu.

Namun perlu diperhatikan agar selalu menggunakan madu murni untuk membuat teh madu, karena ada campuran madu tertentu yang tidak bisa dicampurkan dengan teh. Keduanya akan menciptakan warna yang pekat dan tidak boleh dikonsumsi.

Baca juga :   Cuma Dioles Madu, Sariawan Langsung Kabur, Ini Segudang Manfaat Madu Lainnya

Namun bila menggunakan madu murni, maka akan dicampurkan dengan daun teh apapun tidak akan menjadi masalah. Karena madu disini bisa digunakan sebagai pengganti gula, khususnya untuk yang sedang diet glukosa seperti penderita diabetes.

Cara pembuatannya juga perlu menggunakan teknik khusus, yakni gunakan air panas untuk menyedu teh, namun jangan langsung memasukkan madu kedalam campuran tersebut, tapi tunggu hingga air agak hangat dan warna air menjadi kekuningan.

Hal ini karena air panas bisa merusak kandungan madu, sehingga sebaiknya dimasukkan ketika teh hendak diminum atau dalam kondisi hangat.

Selain itu jangan terlalu banyak memasukkan madu, karena bisa merusak rasa alami teh, yakni rasa madu akan menjadi lebih dominan dibandingkan tehnya.

Bisa juga memasukkan bahan alami lain untuk menambah khasiat madu, seperti jeruk lemon, jahe, kayu manis, lada atau yang lainnya.

Berikut beberapa manfaat teh madu untuk kesehatan, terutama di musim kemarau:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Madu mengandung antioksidan dan sifat antimikroba yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini dapat membantu melindungi tubuh dari serangan virus dan infeksi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan