Juara GP Jepang, Max Verstappen Bawa Red Bull Juara Konstruktor 2023

JABAR EKSPRES – Pembalap Red Bull Formula 1, Max Verstappen, berhasil menjuarai Grand Prix Jepang di sirkuit Suzuka, hari Minggu (24/9/23).

Verstappen memimpin dua pembalap McLaren di posisi kedua dan ketiga, Lando Norris 19.38 detik dan Oscar Piastri 36.49 detik.

Kemenangan Verstappen mengukuhkan timnya, Red Bull, sebagai juara konstruktor F1 keenam kalinya atau kedua kalinya secara beruntun.

Saat ini, Red Bull berada di peringkat pertama dengan 623 poin di klasemen konstruktor Formula 1 dan belum terkejar oleh pesaing terdekatnya,

BACA JUGA : Pembalap F1 Zhou Guanyu Perpanjang Kontrak dengan Tim Alfa Romeo untuk Musim 2024

Mercedes, yang sudah mendulang 305 poin meski masih menyisakan enam seri pertandingan lagi.

“Akhir pekan yang luar biasa. Menang di sini tidak bisa dipercaya. Saya pikir mobil bekerja dengan sangat baik di semua kompleks,” kata Verstappen dikutip dari Antara, Minggu (24/9/23).

“Yang paling penting adalah memenangkan hati para pabrikan, jadi saya sangat bangga dengan semua orang yang bekerja di lintasan dan di pabrik. Kami menjalani tahun yang luar biasa dan saya bangga dengan semua orang,” lanjutnya.

Verstappen, yang memulai balapan dari posisi terdepan, terus mempertahankan keunggulan yang nyaris tanpa celah.

Posisi Verstappen sempat diambil alih oleh Lando Norris saat pembalap asal Belanda itu masuk pit.

BACA JUGA : Marco Bezzecchi Berhasil Raih Podium Pertama di Seri Perdana MotoGP India 2023

Namun, tak butuh waktu lama bagi Verstappen yang berstatus sebagai juara bertahan untuk kembali mempertahankan keunggulan hingga menyelesaikan 53 lap.

Norris yang sempat mencicipi pole menempati posisi kedua, disusul rekan setimnya, Oscar Piastri, yang sebelumnya menikung George Russell.

Sedangkan rekan setim Verstappen, Sergio Perez, yang pada balapan kali ini mengalami insiden dengan Lewis Hamilton, Valtteri Bottas dan Esteban Ocon, gagal finis.

Sementara itu, kemenangan ini membantu Verstappen menambah perbendaharaan poinnya hingga seri ke-16 dengan 26 poin lagi menjadi 400 poin.

Verstappen unggul jauh dari rival terdekatnya, rekan setimnya, Perez, yang sudah mengoleksi 223 poin.

Seri ke-17 Formula 1 2023 akan berlangsung dua pekan lagi, tepatnya di sirkuit Lusail, Qatar, pada 6-8 Oktober mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan