Dinilai Sebagai Penopang Perekonomian di Indonesia, Anggota Dewan Nurul Arifin Minta Pemerintah terus Dorong UMKM

BANDUNG – Keberadaan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perlu mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Pasalnya, UMKM merupakan salah satu sektor penopang perekonomian di Indonesia.

Anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) membuat regulasi berupa peraturan daerah (Perda) yang melindungi UMKM agar bisa tetap menjaga keberlangsungan usahanya.

“Jangan sampai lahan mereka (UMKM) dipakai pedagang yang punya kelas, seperti minimarket. Gak usah lagi dia (minimarket) di depan jualan kopi. Biarkan menjadi bagian pedagang kecil,” ujar Nuru di Bandung, Sabtu (23/9).

Dikatakan Nurul, dukungan tersebut sangat penting karena UMKM juga menjadi kekuatan ekonomi masyarakat kelas bawah. Sehingga, keberadaannya harus benar-benar mendapatkan perlindungan.

“Kalau semua bisa dapat dukungan, keamanan, kemudian perlindungan dari pemerintah daerah, paling tidak mereka akan merasa terayomi sebagai pelaku UMKM,” kata Nurul.

Di samping itu, Ketua Umum Partai Golkar tersebut meminta agar para pelaku UMKM terus berinovasi, dan meningkatkan brandingnya. Termasuk, memilih tempat strategis untuk memasarkan produknya.

“Tapi strategis itu tidak melulu di pinggir jalan. Misalnya di tempat-tempat yang dikunjungi banyak orang tapi pelaku pedagang masih sedikit, nah kita masuk,” tutur Nurul.

Nurul memastikan akan terus memberikan dukungan terhadap keberadaan UMKM di Tanah Air. Sebab, UMKM menjadi salah satu ciri khas Indonesia, khususnya di ekonomi kelas bawah.

“Saya sih tetap mendukung UMKM karena mereka itu yang justru menghidupkan perekonomian Indonesia. Jadi gak ada matinya UMKM ini,” pungkas Nurul. ***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan