Beberapa Fakta dan Informasi Penting Permasalahan Sampah di Bandung, Turun Tangannya Para Akademisi Hingga Langkah Kongkret Pj Gubernur Jabar

BACA JUGA: Pegiat Lingkungan Desak Pemerintah Fokus Urus Darurat Sampah

Melansir data Badan Pusat Statistik, (BPS), sampah sisa makanan di Bandung mencapai angka mencengangkan, yakni sekitar 709 ton per hari, atau sekitar 47 persen dari total produksi sampah harian yang mencapai 1.500 ton.

Pengolahan Sampah

Sampah sisa makanan ini memiliki potensi besar jika dikelola dengan baik, bisa menjadi sumber pupuk organik atau bahan untuk produksi biogas.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung merencanakan transformasi Tempat Pengumpulan Sampah (TPS) menjadi fasilitas pengolahan sampah.

Tujuannya adalah agar hanya residu yang akan dikirimkan ke TPA Sarimukti, mengurangi beban akumulasi sampah di TPA tersebut.

Saat ini, sudah ada lima TPS yang telah diubah menjadi fasilitas pengolahan sampah, dan sisa TPS akan dibuka untuk kemitraan dengan pihak ketiga guna mengoptimalkan pengelolaan sampah.

Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen serius pihak terkait dalam menangani permasalahan sampah di Bandung, menjaga keberlanjutan lingkungan, dan meningkatkan kualitas hidup warga Bandung Raya.”

Tinggalkan Balasan