Cuma Dioles Madu, Sariawan Langsung Kabur, Ini Segudang Manfaat Madu Lainnya

JABAR EKSPRES – Musim kemarau banyak penyakit yang menyerang tubuh manusia, salah satunya panas dalam, dimana gejalanya akan timbul sariawan. Ketika menderita sariawan maka mulut akan terasa perih terutama bila menyenggol luka terbukanya. Namun jangan kuatir karena sariawan bisa langsung menghilang hanya dengan dioles madu.

Selain rasanya yang perih, sariawan juga bisa mengganggu penampilan hingga menimbulkan hilangnya rasa percaya diri. Belum lagi rasa kurang nyaman yang timbul dalam mulut, kadang membuat orang enggan untuk makan, karena menghindari rasa perih dan sakit saat menelan. Hingga akhirnya timbul penyakit lain seperti magh, atau dehindrasi.

Selain sariwan, panas dalam juga bisa ditandai dengan gejala lain, seperti bibir pecah-pecah, mulut kering hingga radang tenggorokan. Namun dengan memanfaatkan madu, semua keluhan tersebut bisa teratasi dengan mudah, meski sariawan sudah meradang.

Baca juga :  Ini Dia 6 Cara Mengobati Sariawan yang Paling Ampuh!

Hal ini karena madu madu memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan penyembuhan yang dapat membantu mengatasi sariawan dan panas dalam.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat madu yang bisa mengobati masalah sariawan dan panas dalam lainnya seperti yang dilansir dari laman Alodokter.

1. Sifat Antiinflamasi

Madu memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat membantu meredakan peradangan di area sekitar sariawan atau panas dalam. Ini dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

2. Sifat Antibakteri

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri yang dapat memperburuk sariawan atau panas dalam.

3. Sifat Penyembuhan Luka

Madu telah digunakan secara tradisional untuk mempercepat penyembuhan luka, termasuk sariawan. Ini membantu dalam memperbaiki jaringan yang rusak lebih cepat.

Baca juga : Ketahui 8 Obat Alami Yang Dapat Redakan Sariawan!

4. Melembapkan dan Melindungi

Madu juga dapat memberikan lapisan pelindung di atas sariawan atau area yang terkena panas dalam, membantu mengurangi iritasi dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Meredakan Rasa Sakit

Madu dapat meredakan rasa sakit yang terkait dengan sariawan atau panas dalam, sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman.

Cara Menggunakan Madu untuk Sariawan dan Panas Dalam

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan