Ketahui 8 Obat Alami Yang Dapat Redakan Sariawan!

JABAR EKSPRES – Sariawan atau yang memiliki nama latin stomatitis aphtosa merupakan luka kecil atau luka bakar ringan yang terjadi di dalam mulut. Ketahui apa saja obat alami untuk meredakan sakit pada luka tersebut.

Sariawan sendiri sering kali disebabkan oleh berbagai faktor seperti cedera, kekurangan vitamin, stres, atau karena adanya infeksi.

Berikut ini terdapat beberapa obat berbahan alami yang dapat membantu kamu dalam meredakan dan menyembuhkan sakit pada luka di daerah mulut.

Obat Alami Sariawan

  • Madu

Madu memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan. Kamu dapat mengoleskan sedikit madu pada sariawan beberapa kali sehari.

BACA JUGA: Selain Menyikat Gigi, Ketahui Tips Lain Merawat Gigi dan Mulut!

  • Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan dapat membantu meredakan rasa sakit. Ambil sedikit gel lidah buaya dan oleskan langsung pada sariawan beberapa kali sehari.

  • Garam dan Air Hangat

Berkumur dengan campuran air hangat dan garam (sekitar setengah sendok teh garam dalam segelas air) dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

  • Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membuatnya menjadi obat alami sariawan.

  • Daun Jambu Biji

Daun jambu biji segar mengandung zat antiseptik alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit sariawan. Gosokkan daun jambu biji langsung pada sariawan.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Lain Daun Jambu Biji, Selain Untuk Pencernaan!

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu meredakan peradangan. Oleskan minyak kelapa pada sariawan beberapa kali sehari.

  • Air Kelapa

Air kelapa murni dapat menjadi obat alami dalam membantu meredakan sariawan dan mengurangi rasa sakit. lakukan kumur-kumur dengan air kelapa beberapa kali sehari.

  • Makanan Kaya Vitamin C

Konsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, kiwi, atau stroberi, dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Untuk menjaga kesehatan mulut kamu bisa melakukannya dengan menyimak gigi secara teratur.

Namun, perlu diingat bahwa jika sariawan kamu parah, berlangsung lama, atau sering kembali, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan.

Tinggalkan Balasan