BRI Kembali Buka Program Pengusaha Muda BRILiaN (PMB 2023)

JABAREKSPRESPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali membuka dan menyelenggarakan program Pengusaha Muda BRILian (PMB) 2023.

PMB 2023 ini diikuti secara virtual oleh para peserta terpilih yang berasal dari 9 kota/Kabupaten pada 19 September 2023 lalu.

BRI juga mengundang total 10 UMKM dimana 8 orang merupakan alumni PMB dan 2 peserta untuk menhikuti  bazaar di Taman Sentra BRI.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, PMB 2023 yang diselenggarakan oleh BRI telah mencetak para wirausahawan muda untuk wujudkan Indonesia Emas 2045.

‘’BRI menyiapkan generasi muda yang memiliki kompetensi, keahlian, menguasai teknologi dan mampu bersaing,’’ kata Aman dalam keterangannya.

Menurtnya, untuk pengusaha muda yang terpilih harus memiliki integritas, etos kerja dan gotong royong.

‘’Ini akan jadi parameter penilaian selama program ini berlangsung,” ujarnya.

Untuk diketahui, PMB 2023 ini akan menjaring ribuan UMKM yang berasal dari berada di setiap provinsi di Indonesia.

Untuk penyelenggaraan nanti, akan diperluas menjadi dua titik yaitu Malang dan Bandar Lampung. Hal ini dilakukan untuk menjangkau pemberdayaan UMKM.

program PMB 2023 ini menyasar para pengusaha muda dengan usia maksimal 40 tahun yang memiliki kategori usaha food & beverage, fashion, handicraft dan beauty & health care.

‘’Para UMKM ini harus memiliki omzet mulai dari Rp50 – Rp500 juta. Untuk peserta yang lolos sudah diumumkan pada 13 September 2023 lalu,’’ tutur Aman.

Kegiatan PMB 2023 ini merupakan bentuk komitmen BRI Group yang diberikan kepada para pengusaha muda terpilih untuk menampilkan brand-nya.

Sebagai bentuk apresiasi BRI Ventures kemudian akan memberikan bantuan modal pendanaan.

Peserta yang lolos seleksi akan diberikan pelatihan inkubasi bisnis selama 14 minggu.

Kemudian pada puncak kegiatan akan diberikan penghargaan dalam acara BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pada Desember 2023 nanti.

Pada PMB 2023 ini, BRI juga memberikan pemahaman mengenai implementasi ESG (Environmental, Social, and Governance).

Hal ini dilakukan agar UMKM dapat memiliki kesadaran tinggi dalam menjaga lingkungan dan permasalahan sosial.

Untuk kegiatan pembekalan nanti, BRI telah menggandeng para business expert untuk menjadi Super Mentor maupun Mentor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan