Tiupan Angin Memperparah Kebakaran di Gunung Kacapi Sumedang!

JABAR EKSPRES – Kebakaran yang terjadi di Gunung Kacapi, tepatnya di Dusun Bojong Jati, Desa Kebon Jati, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Kamis 21 September 2023.

Kebakaran yang terjadi sejak pukul sekitar 17.00 WIB itu masih dalam proses pemadaman pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, TNI-Polri beserta relawan masyarakat.

Terpantau Jabar Ekspres, api sempat terlihat semakin membesar dan meluas. Diketahui bahwa warga sekitar Desa Kebon Jati mulai was-was.

Baca juga: Kebakaran Kembali Terjadi di Gunung Kacapi Sumedang!

Pasalnya, area kebakaran dan pemukiman warga sangat dekat, bahkan terdapat Cafe Coffee yang juga berjarak belasan meter saja dari lokasi area terbakar.

Seorang barista yang bekerja di cafe Elvara Nabila, mengaku was-was atas kebakaran yang sampai tengah malam itu belum padam.

“Terlihat percikan-percikan api kebakaran dari cafenya, ditambah lagi warga juga banyak yang menyaksikan api di luar rumah, jadi makin terasa mencekam,” katanya kepada Jabar Ekspres, Kamis 21 September 2023 tengah malam.

Kepala BPBD Kabupaten Sumedang Atang Sutarno menerangkan, pihaknya mendapatkan laporan sekitar pukul 17.00 WIB.

“Secara pasti kami tidak tahu, namun berdasarkan laporan itu sekitar jam 17.00 WIB, dan kami langsung bergerak ke titik lokasi,” terangnya kepada JabarEkspres.com di lokasi sekitar pukul 19.55 WIB.

Upaya pemadaman dilakukan dengan cara membuat skat bakar, api sempat diprediksikan aman.

Namun hingga sekitar pukul 23.15 WIB, api belum bisa dijinakkan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tim pemadam kebakaran kesulitan untuk menjangkau titik-titik api. Diduga akibat tiupan angin yang cukup kencang, api menjalar melalui ranting dan dedaunan.

Sejumlah petugas BPBD, TNI-POLRI serta relawan masyarakat ikut membantu dalam upaya-upaya pemadaman, secara bergantian dengan petugas siaga yang berada di Kantor Desa Kebon Jati.(Mg11)

Baca juga: Sekjen AFPI Ungkap Dugaan Penyebab Pengguna Pinjol AdaKami Akhiri Hidup!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan