Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Menggalang Bantuan di Gedung Putih Setelah Sempat Ditolak DPR Amerika Serikat

JABAR EKSPRES – Presiden Joe Biden dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah terlibat dalam diskusi intensif mengenai situasi yang berkembang di Ukraina.

Sementara itu, Presiden Joe Biden menegaskan bahwa Amerika Serikat tetap akan mendukung Ukraina dalam konflik ini.

Pertemuan terakhir mereka terjadi pada hari Kamis, 21 September 2023, di halaman Gedung Putih, dan membawa implikasi yang signifikan bagi kedua negara.

Inti dari diskusi mereka adalah pembukaan persenjataan baru yang “substansial” yang diperuntukkan bagi Ukraina, menggarisbawahi komitmen kuat untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Ukraina.

BACA JUGA: Presiden Joe Biden Desak Para Pemimpin di Seluruh Dunia untuk Berdiri Bersama Ukraina

Kedua pemimpin menegaskan sikap tegas mereka untuk “memastikan solidaritas global” dalam mendukung Ukraina.

Zelensky, pada bagiannya, mengungkapkan lima hasil penting dari musyawarah mereka, yang terdiri dari paket bantuan keamanan senilai $60 juta.

Kedua pemimpin tersebut juga sepakat tentang keamanan energi, perjanjian kemitraan strategis yang luas, peta jalan yang diuraikan untuk reformasi yang komprehensif, dan komitmen bersama untuk meningkatkan kerja sama keamanan siber.

Khususnya, pertemuan itu diselingi oleh momen yang agak canggung ketika Presiden Biden sejenak terlihat merenung sebelum melanjutkan interaksinya dengan Presiden Zelensky selama kesempatan berfoto bersama.

BACA JUGA: Rusia Kembali Gempur Ukraina dengan Drone, Pasukan Ukraina Menghadang Hingga Satu Orang Terluka

Sebelumnya, Zelensky telah bertemu dengan beberapa pemimpin dan pejabat lain baru-baru ini, selain Biden.

Kevin McCarthy, pemimpin Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat AS. Zelensky bertemu dengan McCarthy pada hari Rabu, 20 September 2023, setelah Ketua DPR Nancy Pelosi menolak permohonannya untuk berpidato di depan Kongres untuk meminta lebih banyak bantuan.

Zelensky dan McCarthy membahas situasi keamanan di Ukraina dan perlunya dukungan bipartisan untuk kedaulatan dan integritas teritorialnya.

Sergey Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia. Zelensky bertatap muka dengan Lavrov pada hari Selasa, 19 September 2023, dalam sebuah pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai perang di Ukraina.

BACA JUGA: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Ungkap Siapa yang Bisa Hentikan Perang Ukraina-Rusia, Inilah Orangnya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan