Waspadai Beberapa Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi!

JABAR EKSPRES – Kolesterol merupakan senyawa lemak yang dapat ditemukan dalam tubuh dan juga penyebabnya berasal dari makanan.

Makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh dan trans lemak dapat meningkatkan kolesterol LDL dalam tubuh, sehingga sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dengan batas.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL:

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

  • Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan seperti daging merah berlemak tinggi, daging olahan (seperti sosis dan bacon), mentega, dan minyak kelapa adalah contoh makanan yang mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol LDL.

BACA JUGA: Beberapa Manfaat Daun Seledri, Bisa Turunkan Darah Tinggi!

  • Makanan Tinggi Trans Lemak

Trans lemak adalah jenis lemak yang ditemukan dalam makanan olahan dan makanan cepat saji, seperti keripik kentang, kue kering, dan makanan yang digoreng dalam minyak yang digunakan berulang kali.

  • Makanan Tinggi Kolesterol

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti kuning telur dan makanan laut seperti udang, kepiting, dan kerang, dapat menjadi penyebab yang meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam beberapa orang. Namun, efeknya dapat bervariasi dari orang ke orang.

  • Makanan dengan Kandungan Gula Tinggi

Konsumsi gula berlebihan, terutama dalam bentuk makanan olahan dan minuman manis, telah dikaitkan dengan peningkatan kadar trigliserida dan penurunan kadar HDL dalam darah, yang dapat berkontribusi pada masalah kolesterol.

BACA JUGA: Kenali Beberapa Gejala Umum Gula Darah Tinggi!

  • Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji umumnya mengandung lemak jenuh, trans lemak, dan gula tambahan yang dapat menjadi penyebab dan berdampak negatif pada kolesterol dan kesehatan jantung.

  • Makanan Prosesed

Makanan olahan seperti camilan, makanan beku, dan makanan siap saji sering mengandung banyak lemak jenuh, trans lemak, gula, dan garam tambahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan