Pemkot Bandung Tinjau Lahan TPA Sampah Baru di Wilayah Sumedang

JABAR EKSPRES РPenumpukan sampah di Kota Bandung membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mencari solusi. Hal itu juga mengantisipasi overload-nya TPA Sarimukti sewaktu-waktu.

Berdasarkan keterangan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, pihaknya kini tengah menargetkan lahan di Kabupaten Sumedang sebagai TPA Kota Bandung.

Penargetan tersebut bukanlah tanpa alasan. Dia mengungkapkan, pencarian lahan di sana berdasarkan arahan Sekda Provinsi Jawa Barat.

“Tim kita sedang ke Kabupaten Sumedang untuk melihat lokasi di daerah Cijeruk. Ada lahan di Kecamatan Tanjungsari, sekitar Cadas Pangeran yang mudah-mudahan bisa membantu penanganan sampah di Kota Bandung,” ungkap Ema Sumarna, dilansir dari Pemkot Bandung.

BACA JUGA: Kota Bandung Harus Maksimalkan 2470 Ritase Sampah ke TPA Sarimukti

Dia menjelaskan, pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti tetap dimaksimalkan. Andai ada sampah yang tidak terangkut, maka akan digeser ke wilayah Cijeruk, Kecamatan Pamulihan.

Dengan hanya berjarak 44 KM dari Kota Bandung, harapan Sekda Kota Bandung itu, semua lahan di sana benar-benar siap sehingga sampah dapat diangkut segera.

Untuk saat ini, Pemkot Bandung tengah mengupayakan lahan di Kecamatan Gedebage sebagai TPS sementara. Alasannya karena di sana lahan masih sangat luas dan jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini memungkinkan masyarakat sekitar tidak akan mencium “aroma” tersebut.

“Semoga bisa mengurai permasalahan darurat sampah di Kota Bandung. Sekarang ini sudah ada 50-an TPS yang sudah kembali normal. Ritase kita sudah di atas 200 rit,” Harap Ema Sumarna. (*)

BACA JUGA: Sampah di TPS Taman Cibeunying Bandung Harus Terangkut Semua Dalam 2 Hari

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan