Pemerintah Belum Bertindak Tegas Mengenai TikTok Shop

JABAR EKSPRES- Pakar dalam bidang keterbukaan informasi publik dan perlindungan data pribadi, Alamsyah Saragih, berpendapat bahwa pemerintah seharusnya menunjukkan sikap yang tegas terhadap platform Tiktok Shop.

Menurutnya, pemerintah seharusnya berkomitmen kuat untuk melindungi usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak oleh platform tersebut.

Alamsyah mengungkapkan, “Berkaitan dengan Tiktok Shop yang berdampak pada UMKM, pemerintah perlu menunjukkan keberanian dan ketegasan. Mengapa pemerintah bisa bertindak tegas terkait nikel, tapi tidak untuk melindungi UMKM dalam negeri?”

BACA JUGA : Dukung Peran Orang Tua Bekerja, Telkom Wujudkan Telkom Daycare

Selaku mantan anggota Ombudsman periode 2016-2021, Alamsyah memandang bahwa pentingnya adanya regulasi yang mengatur e-commerce seperti Tiktok Shop.

Baginya, meskipun pelaksanaannya mungkin akan menimbulkan beberapa kendala, pengalaman dari pelaksanaan tersebut akan memberikan masukan berharga untuk membuat regulasi tersebut lebih efektif di masa depan.

Alamsyah menegaskan bahwa pemerintah mungkin merasa ragu karena peraturan yang diperlukan harus lebih tajam dan mencakup berbagai aspek untuk mencapai efektivitas, termasuk mengatur pemanfaatan algoritma. Menurutnya, substansi peraturan mungkin belum mencakup hal-hal tersebut.

Lebih lanjut, Alamsyah menyampaikan bahwa pemerintah juga mungkin merasa ragu karena ada kemungkinan Tiktok berhasil meyakinkan bahwa kehadirannya dapat menguntungkan kepentingan nasional.

Ia memberikan saran untuk melakukan konsultasi yang melibatkan berbagai pihak terkait sebelum peraturan tersebut disahkan, sehingga manfaatnya dapat lebih dipastikan sebelum diimplementasikan.

BACA JUGA : Dana Pinjaman Hingga Rp 200 Juta Secara Cepat dan Mudah dengan Flexi Cash Jenius

Alamsyah juga menekankan bahwa karena masalah ini melibatkan berbagai dimensi, berbagai pihak yang terdampak, baik secara negatif maupun positif, harus dilibatkan dalam diskusi mengenai regulasi ini bersama dengan instansi yang terkait.

Selain itu, Alamsyah menegaskan bahwa pemerintah tidak perlu terlalu khawatir tentang dampak terhadap politik dagang luar negeri, karena isu digital marketing dan pemanfaatan algoritma saat ini telah menjadi isu internasional.

Pemerintah dapat menjadi inisiator untuk mengadakan pertemuan multilateral dalam isu ini, dengan tujuan utama adalah melindungi UMKM dengan lebih cepat dan tidak menunggu hingga kerusakan terjadi sebelum mengambil inisiatif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan