Berjarak 44 KM dari Kota Bandung, Daerah Ini Menjadi TPA Sampah Baru Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Krisis sampah kini tengah mengintai wilayah Bandung Raya, tak terkecuali Kota Bandung. Penumpukan sampah di TPA Sarimukti semakin bertambah sehingga bisa overload sewaktu-waktu.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah melakukan beberapa upaya. Salah satunya adalah mencari lokasi TPA sampah baru untuk kota tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, pihaknya kini tengah menargetkan lahan di Kabupaten Sumedang sebagai TPA Kota Bandung. Penargetan tersebut berdasarkan arahan dari Sekda Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Kota Bandung Harus Maksimalkan 2470 Ritase Sampah ke TPA Sarimukti

Ema Sumarna membocorkan, wilayah yang nantinya akan menjadi TPA baru tersebut berada di wilayah Cijeruk, Kecamatan Pamulihan. Lokasinya terletak di sekitar Cadas Pangeran.

Namun, penggunaan wilayah tersebut bukanlah pilihan utama. Pemkot Bandung akan terus mengoptimalkan pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti. Jika ada sampah yang tidak terangkut, maka akan digeser ke wilayah Cijeruk, Kecamatan Pamulihan.

Dengan jarak 44 KM dari Kota Bandung, membuat pengangangkutan sampah ke sana akan seperti TPA Sarimukti. Saat ini, pengangkutan sampah dari Ibu Kota Jawa Barat itu ke TPA Sarimukti berjarak sekitar 45 KM.

BACA JUGA: Pemkot Bandung Tinjau Lahan TPA Sampah Baru di Wilayah Sumedang

Oleh karena itu, Ema Sumarna menginginkan semua lahan di sana dapat benar-benar disiapkan sehingga sampah-sampah dapat diangkut segera.

Saat ini, Pemkot Bandung tengah mengupayakan lahan di Kecamatan Gedebage sebagai TPS sementara. Alasannya karena di sana lahan masih sangat luas dan jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini memungkinkan masyarakat sekitar tidak akan mencium “aroma” tersebut.

“Semoga bisa mengurai permasalahan darurat sampah di Kota Bandung. Sekarang ini sudah ada 50-an TPS yang sudah kembali normal. Ritase kita sudah di atas 200 rit,” Harap Ema Sumarna. (*)

BACA JUGA: Sampah di TPS Taman Cibeunying Bandung Harus Terangkut Semua Dalam 2 Hari

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan