Curi Aliran Listrik, Tambang Kripto di Kota Depok Diamankan

JABAR EKSPRES – Kasus pencurian listrik berhasil diungkap Polres Metro Depok, dengan modus tambang (mining) kripto. Peristiwa tersebut terjadi di sebuah ruko yang ada di kawasan Jalan Raya Bogor, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Kompol Hadi Kristanto mengatakan terungkapnya kasus ini bermula dari laporan warga yang mengeluh ke PLN karena listrik di permukiman tersebut sering padam. Kemudian PLN ULP Cimanggis melakukan pengecekan ke lokasi.

“Awalnya pihak PLN ULP Cimanggis menerima aduan dari masyarakat bahwa listrik sering padam mendadak. Selanjutnya pihak PLN ULP Cimanggis didampingi anggota Polsek Cimanggis melakukan investigasi ke daerah tersebut,” katanya pada Rabu, 20 September 2023.

Petugas PLN menemukan adanya sebuah ruko yang didapati telah melakukan penyalahgunaan aliran listrik PLN. Aliran listrk dari sumber listrik kabel PLN, yaitu JTR ke instalasi listrik di ruko tersebut.

BACA JUGA: Korea Utara Curi $2,3 Miliyar Kripto dari Seluruh Dunia

“Ternyata benar di bangunan tertentu, misalkan yang dayanya 100 (watt) ternyata dia nyedot sampai 300 atau 400 (watt). Pas ditelusuri, ternyata ada aliran listrik yang ngga lewat meteran tapi langsung ke gardu,” ungkapnya.

Pihak PLN kemudian mengecek ke gardu dan diketahui ada ruko yang mencuri aliran listrik. Kemudian dilakukan pembukaan di gardu listrik. Diketahui, ternyata di ruko tersebut mencuri listrik untuk menambang kripto.

“Banyak dipasang alat untuk nambang (mining) kripto,” tegasnya.

Setelah didalami ternyata ada dua lokasi lain yang melakukan pencurian listrik untuk menambang kripto. Dikatakan oleh Kompol Hadi Kristanto, terkait perdagangan kripto sejauh ini memang belum ada aturannya.

BACA JUGA: Diupah Per 3 Jam Rp500 Ribu! Pria dan Gadis Remaja di Sukabumi Diamankan Polisi

Namun, dengan kasus pencurian listrik yang digunakan untuk menambang kripto ini dianggap sudah meresahkan.

“Menjamur, ada tiga tempat di Depok. Kripto memang tidak diatur, tapi sebenarnya meresahkan,” ujarnya.

Alat yang ditemukan dari ruko tersebut berupa software dan hardware. Selain di Cimanggis, pencurian listrik modus tambang kripto juga terjadi di Tapos. Warga sekitar mengaku resah dengan aktivitas di ruko tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan