Cuma Berjarak 4 KM dari Gedung Sate, di Sinilah Titik Tengah Provinsi Jawa Barat

JABAR EKSPRES – Sebagai warga Jawa Barat, tentunya sangat bertanya-tanya, dimana sih letak titik tengah provinsi tersebut? Apakah memang Kota Bandung sebagai sentral dari Jawa Barat atau sebenarnya daerah lain lah yang lebih sentral?

Melansir dari akun Instagram @mahasiswageografi, titik sentral Provinsi Jawa Barat terletak di Kota Bandung, tepatnya di Kecamatan Cidadap, Kelurahan Ciumbuleuit. Hal itu tersebut berdasarkan hasil penentuan koordinat centeroid (titik tengah) pada poligon wilayah administrasi Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Terungkap! Tenyata di Sini Titik Tengah Provinsi Jawa Barat

Berdasarkan perhitungan dari tersebut, Kelurahan Ciumbuleuit berjarak 4 kilometer dari Gedung Sate, pusat pemerintahan Jawa Barat saat ini. Gedung Sate sendiri berada di Kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan.

Akun Instagram @mahasiswageografi mengklaim, Provinsi Jawa Barat menjadi satu-satunya provinsi (di Indonesia) yang memiliki Ibu Kota persis di tengah-tengah wilayahnya.

BACA JUGA: Palabuhanratu Menjadi Jawaban Untuk Titik Nol Kabupaten Sukabumi

Kelebihan dari hasil penelitian tersebut adalah jarak dari setiap daerah di Jawa Barat untuk mencapai wilayah pemerintahan provinsi cenderung berimbang. Jadi, tidak ada wilayah yang mengalami ketidakberimbangan.

Sebagaimana diketahui, beberapa wilayah di Indonesia ada yang mengalami problem tersebut sehingga ada gelombang protes untuk mengganti ibu kota provinsinya. (*)

BACA JUGA: Villa Isola Bandung: Sejarah Panjang Belanda, Jepang hingga UPI

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan