12 Ribu Meter Tanah Nganggur Dibangun Pengadilan Agama Ngamprah, Ditargetkan Rampung Satu Tahun

JABAR EKSPRES – Pembangunan kantor Pengadilan Agama (PA) Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB) ditargetkan rampung dalam satu tahun ke depan.

Rencananya kantor Pengadilan Agama Ngamprah akan dibangun di Block Ciampel Desa Laksana Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, di tanah seluas 12.000 meter persegi.

Ketua Pengadilan Agama Ngamprah, Muhammad Iqbal mengatakan, pembangunan itu dilaksanakan sebagai upaya mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat Bandung Barat.

BACA JUGA: Persib WhatsApp Channels Hadir Lebih Dekat untuk Supporternya, Aplikasi Apa?

“Tadi ini sebenarnya kantor pengadilan agama yang ditunggu-tunggu tentunya optimalisasi pasti terjadi. Dulu masyarakat di sini pergi ke pengadilan agama Cimahi yang ada di Soreang sekarang (masyarakat KBB) tidak perlu jauh-jauh,” kata Muhammad Iqbal di Ngamprah, Selasa (19/9/2023).

Menurutnya, Pengadilan Agama Ngamprah pada Desember 2022 lalu mendapatkan tanah seluas 12.000 meter persegi lebih. Tanah tersebut paling luas yang dimiliki oleh pengadilan di seluruh Jawa Barat, pada tahun 2023 ini.

Dengan desain gedung yang representatif, lanjut Muhammad Iqbal, diharapkan dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi salah satunya praktek pungutan liar (pungli) dalam pelaksanaan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan.

“Pada pertengahan 2024, ditargetkan selesai, dan pada akhir tahun 2024 diharapkan sudah dapat digunakan,” katanya.

“Di desain integritas itu, bangunan itu tidak boleh ada pertemuan aparat kita baik hakim ataupun aparat semua antara peradilan ketemu dengan masyarakat pencari keadilan yang dikhawatirkan nanti ada sesuatu,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi dibangunnya kantor Pengadilan Agama Ngamprah yang representatif tersebut.

“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah mengapresiasi dan sangat beruntung sekali dibangunnya kantor yang megah ini tentu dapat memberikan pelayanan yang nyaman dan optimal kepada masyarakat,” katanya.

Ia berharap, Pengadilan Agama Ngamprah pun bisa membuka pelayanan kepada masyarakat di Mall Pelayanan Publik (MPP) yang dimiliki Pemkab Bandung Barat saat ini.

“Kami juga memiliki mall pelayanan publik dan nanti mudah-mudahan dari Pengadilan Agama bisa beroperasi disana sehingga saling terintegrasi demi pelayanan prima kepada masyarakat,” katanya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan