Manfaat Minum Campuran Air Jeruk Nipis dan Madu

JABAR EKSPRES- Campuran air jeruk nipis dan madu diyakini memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk meredakan batuk. Minuman ini tidak hanya menyegarkan tenggorokan, tetapi juga dianggap bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Menurut data dari USDA yang dikutip dari Live Strong, dalam 100 gram air jeruk nipis terdapat sekitar 25 kalori, 0,42 gram protein, 8,42 gram karbohidrat, dan 30 miligram Vitamin C. Selain itu, air jeruk juga mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan.

BACA JUGA : Kulit Wajah Kembali Kencang, Kenyal dan Segar Berseri Hanya dengan Ramuan Madu, Begini Caranya

Sementara itu, dalam 100 gram madu terdapat sekitar 286 kalori, 82,4 gram karbohidrat, dan 82,1 gram gula. Madu juga mengandung serat dan protein.

Penelitian yang diterbitkan dalam PLOS One pada bulan Oktober 2019 menunjukkan bahwa madu dapat membantu mengurangi peradangan dan memiliki sifat antibakteri karena mengandung hidrogen peroksida.

Selain itu, menurut review yang diterbitkan dalam CMAJ pada bulan Februari 2014, madu juga memiliki efek positif dalam meredakan batuk di malam hari pada anak di atas usia 12 tahun.

Air jeruk nipis, seperti halnya madu, mengandung fitokimia seperti flavonoid dan alkaloid yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Pure and Applied Sciences and Technology pada bulan Maret 2014 menunjukkan bahwa campuran air jeruk nipis dan madu memiliki efektivitas dalam menghancurkan dinding sel bakteri yang berperan dalam sakit tenggorokan dan batuk.

BACA JUGA : Ternyata Ini 9 Manfaat Mengonsumsi Jus Mangga untuk Kesehatan!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan