Agar Tetap Awet Muda di Usia 60an, Ini Dia Tips Menjaga Elastisitas Kulit Wajah

JABAR EKSPRES – Penuaan dapat menjadi tantangan karena kulit wanita menua dan mengalami berbagai perubahan akibat perubahan hormonal, genetik dan lingkungan. Maka menjaga elastisitas kulit wajah itu harus tetap diperhatikan.

Dikutip dari berbagai sumber, direktur global pendidikan dan pelatihan nutrisi di Herbalife, Laura Chacon-Garbato, mengatakan bahwa beberapa fluktuasi yang umum dialami wanita berusia 60-an termasuk penurunan kolagen dan elastisitas kulit.

Kolagen dan elastin adalah protein yang memberikan elastisitas dan struktur pada kulit. Karena penuaan, kulit memproduksi lebih sedikit kolagen dan Elastin, yang menyebabkan keriput dan kulit kendur.

Selain itu, produksi sebum pada kulit juga menurun, menyebabkan kulit menjadi kering, dan bintik-bintik penuaan serta hiperpigmentasi menjadi lebih terlihat. Laura mengatakan bahwa tingkat pergantian sel juga menurun, menyebabkan kulit sering terlihat kasar atau kusam.

BACA JUGA : Harus Pakai Tiap Hari! Ini Pentingnya Sunscreen Bagi Kecantikan Perawatan Wajah

Berikut ini adalah 5 tips sederhana yang dapat membantu wanita berusia 60-an untuk meningkatkan elastisitas kulit agar terlihat lebih muda.

Bersikaplah lembut saat membersihkan kulit

Hindari menggunakan air yang terlalu panas karena dapat mengiritasi kulit yang rentan. Sebagai gantinya, gunakan air hangat dan pembersih yang lembut dan bebas sulfat di pagi hari.

Hal ini dapat membantu menghilangkan kotoran yang tertinggal semalaman tanpa menghilangkan minyak alami kulit.

Selain itu, carilah bahan-bahan seperti lidah buaya, yang dikenal dengan sifat restoratifnya. Lidah buaya juga membantu mengurangi kulit kering.

Gunakan serum dengan antioksidan

Serum dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit, yang sangat penting seiring bertambahnya usia kulit.

Carilah serum yang mengandung vitamin B3, C dan E. Vitamin C dan E membantu menetralkan efek oksidatif dari radikal bebas, molekul yang merusak kolagen dan menyebabkan kekeringan serta kerutan pada kulit. Antioksidan vitamin C dan E serta beta-karoten menetralkan radikal bebas.

Pilih pelembap dengan SPF berspektrum luas

Seiring bertambahnya usia dan penipisan kulit, kulit menjadi lebih rentan dan sensitif terhadap sinar UV matahari.

Menggunakan pelembap dengan SPF berspektrum luas tidak hanya akan melindungi kulit dari paparan sinar UV yang sering, tetapi juga memberikan sifat menghidrasi yang membantu menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan