Usulan Pj Wali Kota Tak Ditunjuk Kemendagri, Ketua DPRD Kota Bandung: Biasa Saja

JAWA BARAT – Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) resmi menunjuk Bambang Tirtoyuliono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Binamarga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar), untuk menjadi Penjabat (Pj) Walikota Bandung.

Adanya penunjukan tersebut, di diketahui bahwa hal itu setelah adanya usulan atau rekomendasi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) kepada Kemendagri.

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Teddy Rusmawan berharap adanya penunjukan terhadap usulan yang diberikan oleh Pemprov Jabar menjadi yang terbaik.

Padahal DPRD Kota Bandung Juga, diketahui turut memberikan beberapa nama untuk dijadikan sebagai calon Pj Walikota Bandung seperti salah satunya Ema Sumarna yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda).

“Sebetulnya usulan kita ada tiga nama seperti Pak Dedi Supandi (Asda 1 Jabar, Pak Ema Sumarna (Sekda Kota Bandung), dan Pak Muradi (Pengamat). Tapi kita biasa saja (tiga nama tersebut tidak ditunjuk), karena memang kewenangannya ada di pusat,” katanya saat dikonfirmasi oleh Jabar.Ekspres.com pada Sabtu, 16 September 2023.

Meski begitu, Teddy tak menampik bahwa rekomendasinya tidak ditunjuk oleh Kemendagri. Pasalnya menurut dia, pemberian usulan untuk Pj Walikota Bandung juga selain dari Pemprov Jabar, Kemendagri juga turut melakukan hal serupa.

“Karena yang ngajuin juga ada dari kemendagri 3 nama, Provinsi (Jabar) 3 nama, dan Dari Kota (Bandung) juga 3 nama. Jadi biasa biasa saja, tapi mudah-mudahan penunjukannya yang terbaik karena memang di pusat juga ada tim penilaian akhirnya,” imbuhnya.

Sebelumnya Teddy menyebut ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang harus dituntaskan oleh Pj Walikota Bandung usai dilantik pada tanggal 20 September 2023 nanti.

“Mudah-mudahan dengan latar belakang beliau (Bambang Tirtoyuliono) dari Provinsi, itu bisa mengkomunikasikan lebih baik lagi tentunya dengan DLH Jabar selaku pengelola Sarimukti. Selain itu langkah-langkah yang saat ini sudah berjalan positif seperti kangpisman agar bisa dipertahankan lagi,” tuturnya. (San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan