Lawan Real Sociedad, Real Madrid Bakal Pakai Formasi 442 Diamond Lagi?!

JABAR EKSPRES – Dalam 4 laga sebelumnya di La Liga, Real Madrid berhasil menaklukkan lawan-lawannya menggunakan formasi 442 diamond. Formasi ini menjadikan pemain baru mereka, Jude Bellingham sebagai poros tim.

Jude Bellingham terlihat begitu nyaman kala bermain di posisi nomor 10 tersebut. Bahkan, pemain asal Inggris itu tidak hanya bagus dalam menyerang, melainkan juga bertahan. Terbukti, beberapa dirinya berhasil mengantisipasi serangan lawan kala masih di garis tengah.

Melihat mobilitas yang dimiliki Jude Bellingham, kemungkinan akan membuat Carlo Ancelotti, Pelatih Real Madrid, kembali menggunakan formasi tersebut. Walaupun tanpa Vinicius Jr. di lini depan, Carlo Ancelotti akan memasang Joselu sebagai tandemnya Rodrygo Goes.

Formasi 442 diamond milik Real Madrid ini telah diuji coba sejak laga pramusim di Amerika Serikat pada Juli lalu. Hasilnya, kala itu tidak begitu bagus walaupun berhasil memetik beberapa kemenangan.

Setelah memasuki La Liga musim 2023/2024, formasi tersebut terlihat mulai berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa pemain yang off, seperti Vinicius Jr. Pemain asal Brazil itu masih melakukan adaptasi sebagai penyerang tengah mengingat posisi itu merupakan posisi baru baginya.

BACA JUGA: Prediksi Skor La Liga 2023/2024: Real Madrid vs Real Sociedad

Ditopang pemain tengah yang masih muda dan juga memiliki mobilitas yang tinggi, membuat formasi 442 diamond Real Madrid ini semakin mendapatkan chemistry-nya. Baik Eduardo Camavinga, Aurelien Tchouameni, Federico Valverde, dan Jude Bellingham telah berhasil menemukan chemistry-nya, sehingga mereka tampil saling menutup posisi yang kosong satu sama lain.

Andai Carlo Ancelotti kembali lagi menggunakan formasi 433, kemungkinan Jude Bellingham akan kehilangan posisi terbaiknya karena harus digeser sebagai nomor 8. Dengan berada di posisi 8, membuat pemain asal Inggris itu tidak dapat maju terlalu jauh. Jika terlalu maju, maka lini tengah akan kalah jumlah dengan pemain lawan.

Selain itu, mekanisme tim akan terganggu dan perlu adaptasi ulang karena perubahan formasi. Secara tidak langsung, permainan pun akan berubah dan kemungkinan hasil akhir tidak akan sebaik yang sebelumnya.

Pertandingan Real Madrid vs Real Sociedad akan berlangsung di Santiago Bernabeu, Senin 18 September 2023 pukul 02.00 WIB. Laga ini merupakan lanjutan La Liga 2023/2024 pekan ke-5. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan