Kelebihan dan Kekurangan USB-C untuk iPhone 15 yang Wajib Diketahui!

JABAR EKSPRES – Apple belum lama ini resmi merilis iPhone 15 dengan beragam pembaharuan.

Kehadiran iPhone 15 tentu sangat dinantikan bagi para para pecinta brand Apple karena dianggap menarik.

Sebelum membeli iPhone 15 lebih baik ketahui spesifikasi lengkap dari iPhone 15 sehingga dapat dijadikan pertimbangan.

Apple kini sudah mulai beralih ke USB-C, walaupun sebagian besar tetap menggunakan port yang ekslusif pada gadgetnya.

Perpindahan ke USB-C di seri iPhone 15 merupakan perubahan terbaru bagi Apple, usai bertahun-tahung tetap memakai port Lighting-nya. Alasan perpindahan menggunakan USB-C sebagai upaya untuk mengurangi limbah elektronik.

Apa arti USB-C untuk iPhone 15

Port USB-C di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mendukung USB 2, walaupun port tersebut  mewujudkan standar dunia, USB 2 mulai terkenal pada 2000an dengan kecepatan transfer maksimal 480 Mbits/s. Hal tersebut bagus akan tetapi tak secepat dengan port USB-C di dua iPhone paling premium.

Apa arti USB-C untuk iPhone 15 Pro

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max didukung dengan USB 3, manfaatnya dua puluh kali lebih cepat dibandingkan USB 2. Apple mengungkapkan transfer data menggunakan USB-C di iPhone 15 Por dan Pro Max kecepatan transfernya mencapai 10 gigabit per detik, hal tersebut tentu sangat ideal untuk orang-orang yang sering memindahkan dokumen dengan ukuran yang besar.

Media seperti video dan foto secara khusus memperoleh peningkatan lantaran kecepatan transfer USB 3 lebih cepat sehingga memungkinkan mengirimkan gambar Pro RAW 48Mp dan video 4k 60 fps dari perangkan ke Mac secara cepat, lebih cepat apabila dibandingkan dengan iPhone 15 atau iPhone 15 plus.

Berapa kecepatan pengisian USB-C untuk iPhone 15?

Kecepatan pemindahan benar-benar penting, demikian juga dengan kecepatan pengisian daya USB-C. Namun yang aneh ialah tak ada peningkatan apapun di pengisian daya model iPhone 15 manapun, termasuk model Pro yang mempunyai kecepatan transfer USB 3 kali lebih cepat.

Keempat model iPhone 15 mempunyai kecepatan pengisian daya yang percis dengan seri sebelumnya. iPhone 15 Plus dan Pro Max membutuhkan waktu 35 menit untuk bisa mencapai daya 50% sementara iPhone 15 dan 15 Pro membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya 50% dengan mengenakan adaptor daya 20W.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan