Jangan Anggap Remeh! Depresi Bisa Sebabkan Diabetes Tipe 2, Simak Fakta Ilmiahnya

JABAR EKSPRES – Depresi merupakan maslah psikolog yang masih sering dianggap remeh. Padahal ilmuwan mengungkap fakta ilmiah bahwa depresi dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Para ilmuwan Inggris melakukan studi genetik terbaru terkait pengaruh depresi pada seseorang. Rupanya hasil menunjukan bahwa depresi dapat menjadi penyebab langsung diabetes tipe 2.

BACA JUGA: Deteksi Dini Diabetes Melitus pada Anak! 6 Gejala yang Harus Anda Waspadai

Seperti diketahui bahwa diabetes tipe 2 merupaakn maslaah yang serius, apalagi hal tersebut disebabkan oleh depresi. Hasil studi yang dilakukan oleh ilmuwan tersebut juga mengungkap fakta ilmiah yang mengejutkan.

Dari studi tersebut, lebih dari 500 juta orang di dunia mengidap diabetes tipe 2, yang telah dikaitkan dengan depresi melalui genetika yang sama dan hubungan sebab akibat.

BACA JUGA: Ampuh Banget! Simak Manfaat Pare untuk Penderita Diabetes di Sini

Psikiater di Kokilaben Dhirubhai Ambani Hospital India, Dr Shaunak Ajinkya menyebutkan bahwa depresi dan diabetes tipe 2 memiliki keterkaitan satu sama lain, yang berarti keduanya dapat saling memengaruhi dan meningkatkan risiko.

“Kedua penyakit ini secara historis telah dikaitkan satu sama lain, karena orang yang menderita diabetes tipe 2 dua kali lebih mungkin didiagnosis dengan depresi daripada populasi umum,” kata Dr Ajinkya, dikutip JabarEkspres.com dari Indian Express pada Jumat, 15 September 2023.

Lebih lanjut, Dr. Ajinkya mengungkapkan, depresi dapat menjadi faktor risiko diabetes tipe 2. Ia mengatakan hal tersebut terjadi karena depresi dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang yang berkaitan erat dengan perkembangan diabetes.

Tidak hanya itu, stres kronis dan depresi dapat menyebabkan perilaku tidak sehat seperti makan berlebihan, kurang aktivitas fisik, dan kurang tidur. Hal ini juga memicu penyakit lainnya, tidak hanya diabetes tipe 2 pada seseorang.

Fakta ilmiah perilaku tersebut dapat menyebabkan diabetes tipe 2 yakni, kurang aktivitas fisik dan makan berlebihan juga kurangnya istirahat dapat menyebabkan obesitas dan resistensi insulin, di mana keduanya merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2.

Selain itu, depresi dapat berdampak pada sistem respons stres tubuh dan menyebabkan disregulasi hormon yang terlibat dalam metabolisme glukosa seperti kortisol, insulin, dan glukagon. Di sisi lain, diabetes tipe 2 juga dapat menjadi faktor terjadinya depresi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan